Jajanan Khas Gresik, Kota Santri

Jajanan Khas Gresik, Kota Santri

Berkunjung ke gresik wajib coba makanan khas gresik berikut ini. Tak usah bingung cari kuliner tradisional gresik. Berikut beberapa uraiannya:

Gresik merupakan salah satu Kabupaten Kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Gresik merupakan salah satu tempat yang digunakan para wali untuk menyebarkan islam.

Kota yang dijuluki sebagai kota santri ini tidak hanya dikenal dengan wisatanya, namun dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak makanan kuliner. Apa sajakah itu? berikut ini ulasan singkatnya:

Nasi Krawu

Merupakan kuliner khas Gresik berisikan babat usus, daging suwir, lengkap dengan serundeng dua warna disajikan dengan tambahan sambal petis. Nasi krawu biasanya dihidangkan dengan daun pisang yang memberi aroma yang mampu menggugah selera makan.Disebut sego krawu karena penyajian serta cara memakannya cukup unik yaitu dengan tangan kosong tanpa sendok atau dalam bahasa indonesia dikrawuk.

Otak-otak Bandeng

Sesuai namanya, makanan khas gresik satu ini berbahan utama ikan bandeng. Cara mengolahnya yaitu bandeng dipukul-pukul terlebih dahulu hingga dapat dipisahkan dengan durinya. Kemudian lanjut diolah menggunakan bumbu rahasia dengan metode slow cooking.

Kolak Ayam

Seporsi Kolak Ayam dihidangkan bersama nasi ketan. Berisi suwiran ayam dan daun bawang tanpa dipotong. Masakan ini dipercaya oleh masyarakat sekitar dapat menyembuhkan beragam penyakit ringan maupun tahunan.

Kue Pudak Jajanan Khas Gresik

Pudak merupakan makanan ringan berupa kue, terbuat dari gula jawa atau gula pasir, tepung beras serta santan kelapa, kemudian dibungkus dengan pelepah daun pinang.

KueJubung

Kue ini merupakan kue yang berbahan dasar ketan hitam, yang bagian atasnya ditaburi dengan wijen. Kuliner khas ini dinamakan jubung karena berbahan dasar ketan hitam dan juga memiliki wijen di atasnya, kemudian dibungkus dengan jubung yaitu kulit pohon.

Sego Karak

Sego karak atau dalam bahasa indonesia berarti Nasi Karak merupakan kuliner khas Gresik berupa nasi matang yang dikeringkan lalu dimasak lagi bersama ketan hitam.

Agar lebih nikmat saat disantap, sego karak bisa ditambahkan lauk lain seperti tempe goreng, remeyek, krupuk dan sejenisnya.

Bonggolan

Merupakan makanan khas Gresik berbentuk lonjong atau bonggol sama seperti namaya. Olahan ini serupa dengan cuangki di Bandung atau pempek di palembang. Hanya saja rasa ikan pada bonggolan lebih terasa.

Sego Rumo

Merupakan kuliner khas Gresik berbahan dasar nasi putih. Cara penyajiannya cukup unik menggunakan pincuk dari daun pisang.

Kemudian dicampur daun singkong, api-api rebus serta remahan kerupuk ataupun rempeyek. Cara penyajiannya yaitu dengan disiram kuah kental dan juga ditaburi dengan serundeng.

Ndog Iwak Bunder

Makanan khas Gresik satu ini terbuat dari telur ikan, kemudian disulap sedemikian rupa menjadi olahan lezat bernama ndog iwak bunder. Dari bentuknya olahan ini serupa dengan bathok berbungkus daun pisang.

Martabak Usus

Merupakan kuliner khas Gresik yang cukup populer di kalangan masyarakat setempat maupun luar kota. Martabak usus terbuat dari usus ayam dengan isi telur serta bihun yang di bungkus dengan kulit yang terbuat dari terigu. Cita rasa dari martabak usus ini sangat enak dengan cita rasa gurih dan juga sangat lezat.

Bongko Kopyor

Merupakan makanan khas Gresik berisi potongan roti tawar berkualitas, pisang raja, serutan daging kelapa muda, mutiara, kemudian dibungkus daun pisang. Cita rasa jajanan ini legit, manis dan segar.

Ayas Jajanan Khas Gresik

Merupakan makanan atau cemilan berbahan dasar tepung ketan. Kue ini memiliki tekstur kenyal seperti mochi dengan rasa manis.

Bahan lain membuat ayas diantaranya seperti tepung maizena, garam, gula serta frambos. Menariknya lagi jenang ayas ini memiliki empat varian warna yaitu merah, kuning, hijau dan hitam.

Lomboksia

Merupakan olahan dari lombok, terasi, uyah, sebagai bumbu dasar mengolah hasil laut. Hasil laut tersebut bisa berupa ikan sumbal, ikan lajang, ikan gigi tiga, ikan barakuda, bahkan ikan sembilang.

Kuah Lomboksia memiliki cita rasa gurih lagi pedas. Olahan ini tidak hanya sebagai menu wajib para nelayan, melainkan juga disuguhkan di berbagai hajatan seperti manakib atau tahlil.

Kupat Kethek

Merupakan sejenis kupat, namun pembuatannya menggunaka air dari sumur kethek. Masyarakat sekitar percaya apabila kupat kethek tidak dimasak menggunakan air sumur tersebut maka rasanya pun tidak akan enak. Kupat Kethek nikmat dihidangkan bersama parutan kelapa serta ditaburi gula pasir.

Masin Kuliner Khas Gresik

Bentuknya hampir mirip Bubur Manado tetapi rasanya cukup berbeda. Dominasi gurihnya udang, asam belimbing wuluh, serta wangi aroma kemangi membuat kuliner tersebut laris manis diburu terutama pada bulan Ramadan.

Bahannya berasal dari jagung ditumbuk kasar lalu dijadikan bubur, dimasak bersama udang serta bumbu sederhana seperti; bawang merah, bawang putih, laos, merica, kunyit, serta cabai merah. Ditambah irisan belimbing wuluh dan daun kemangi sebagai penyedap rasa. Masin sangat cocok dinikmati bersama kerupuk udang dengan cara dicocol.

Koncok-Koncok Makanan Khas Gresik

Merupakan hidangan bertekstur seperti Cireng namun sangat kuat rasa ikannya seperti Pempek Palembang. Hasil laut yang melimpah dari Bawean menuntut masyarakat lebih kreatif dalam mengolah hasil tangkapan.

Bahannya terbuat dari tepung kanji dicampur sedikit air, telur, penyedap rasa, tumbukan bawang putih, kemudian ditambahkan ikan yang dihaluskan. Semakin banyak ikannya, semakin gurih rasanya. Setelah semua bahan tercampur, adonan diuleni menggunakan tangan. Koncok-Koncok sangat nikmat dicocol bumbu kuah.

Lifestyle