Leptop Anda Lelet Ini Cara Mengatasinya

Media 0
laptop lemot

Laptop adalah perangkat yang sering anda gunakan sehari-harinya dan tentunya memiliki mobilitas tinggi. Di sisi lain, karena tingkat mobilitas yang tinggi dan padatnya jadwal sehari-hari, penggunaan laptop alkhirnya secara otomatis ikut meningkat. Seiring berjalannya waktu, maka semakin sering anda menggunakan laptop, kemungkinan besar kekuatannya bisa menurun alias lemot.
Kemungkanan data yang ada di hardisk sudah mulai penuh, atau kapasitas memory tidak sebanding dengan kinerja laptop yang padat.

Solusinya Jangan langsung beli laptop yang baru,Apabila laptop anda sering lemot, maka anda bisa mencoba beberapa cara ini untuk mengatasinya. Berikut Ulasannya

Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Pada umumnya, saat anda membeli laptop sudah dilengkapi berbagai program aplikasi di dalamnya. Namun, kebanyakan orang justru tidak pernah menggunakan program-program tersebut karena tidak tahu bagaimana cara mengoperasikannya. Masalahnya, terkadang ada beberapa program yang menjalankan background process ketika kamu menggunakan laptop meskipun kamu tidak menggunakan program tersebut. Karena penggunaan program berlebih dapat menjadikan laptop anda lemot .

Untuk mengatasinya, kamu bisa menghapus atau uninstall program-program aplikasi yang tidak pernah digunakan tersebut. Buka Control Panel, masuk ke halaman Programs and Features, lalu hapus program aplikasi yang tidak kamu pakai.

Lakukan Defrag pada Hardisk

Defrag artinya “menata ulang” file digital pada partisi hardisk agar dapat diakses oleh sistem operasi secara cepat. Maka tindakan defrag adalah solusi dan kamu bisa melakukan konfigurasi ulang hardisk dalam menyimpan informasi secara optimal. Karena proses itu akan meningkatkan kecepatan kerja laptop, dengan catatan tidak ada masalah yang terjadi pada hardisk kamu.

Upgrade RAM

Istilah dari Random Access Memory (RAM) adalah memori penyimpanan data sementara yang manfaatkan laptop ketika tasks dilakukan oleh program yang berbeda. Artinya, apabila banyak program yang anda gunakan, maka semakin banyak pula RAM yang anda butuhkan. Apabila tidak memiliki kapasitas RAM yang cukup, pasti jadinya laptop lemot. Memang kapasitas RAM ini harus imbang dengan kekuatan hadrware yang terdapat pada laptop tidak boleh njomplang, karena bisa cepet panas dan hang

Biasanya, tujuan utama laptop anda tidak memiliki RAM yang cukup adalah jika laptop selalu lemot setiap kali anda harus membuka file berukuran besar. Selain itu, jika laptop anda mendadak mengalami freeze saat membuka banyak program sekaligus, bisa jadi anda juga butuh RAM yang lebih besar. Nah, kalau sudah begini, pertimbangkan untuk segera melakukan upgrade RAM pada laptop agar kerjanya menjadi cepat.

Ringankan Kerjanya Web Browser

Tiada hari tanpa internet? ? karena saat ini semua serba online dan benar bukan Kemungkinan besar kamu menggunakan web browser setiap hari pada laptop. Semakin sering anda menggunakan browser , al hasil web browser anda akan bekerja lebih berat sehingga berpotensi membuat laptop menjadi lemot dan lelet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *