Bingung Menentukan Platform , WaJib Baca Ini !

Media 0
Platform Website

Bagi pemula mungkin anda merasa kebingungan untuk menentukan platform apa yang digunakan ketika memulai untuk membuat website. Harus  memilih wordpress atau blogger. Meski keduanya memiliki keunggulan masing-masing, anda tetap harus memprioritaskan tujuan anda ketika memutuskan untuk membuat website. 

Nah disini saya ingin mengulas Platform wordpress dan juga blogspot sebagai berikut :

1. Kepemilikan

WordPress dan juga blogspot merupakan sebuah platform yang berdiri sendiri, dalam artian milik Blogger dan juga WordPress. Sebagaimana banyak media sosial seperti instagram, facebook, whatsapp, dan lainnya. Anda hanya dapat membuat akun sehingga dapat menggunakannya. Keduanya memiliki aturan pakai yang telah ditentukan oleh masing-masing pemilik, yakni dari Blogger dan WordPress. 

2. Modal 

Untuk membuat sebuah website sebenarnya tidak membutuhkan biaya. Misalnya dari platform blogspot, anda hanya perlu membuat alamat website sesuai dengan tema konten yang diinginkan. Alamat website blogger yang diinginkan tersebut akan mendapat akhiran berupa (.blogspot.com). Salah satu contohnya yaitu: www.tebarkabar.blogspot.com. Alamat tersebut dapat dimiliki secara gratis apabila tersedia ketika membuat website di blogspot. Anda juga dapat membeli domain sebagai alamat web yang nantinya juga akan menjadi alamat website anda secara umum adalah domain TLD . 

Sedangkan pada WordPress sendiri terbagi menjadi dua platform, yakni WordPress.org dan wordpress.com. Tak hanya definisi  banyak hal teknis yang membuat Keduanya  berbeda .WordPress.org adalah website yang menjadi rumah bagi Sistem Manajemen Konten (CMS) terpopuler, yaitu ‘WordPress’. Awalnya platform ini dikembangkan hanya untuk blogging. Namun, karena popularitasnya yang semakin berkembang, platform ini kemudian digunakan untuk membuat berbagai jenis website, bahkan aplikasi. 

Sementara  WordPress.com adalah layanan blogging yang dijalankan secara otomatis , dimana sofware wordpress dapat dengan mudah dioperasikan serta tidak perlu di instal terlebih dahulu ke dalam komputer.

Perbedaan antara wordpress .com dan wordpress.org adalah pada layanan hosting . WordPress.org mengacu pada self-hosted wordpress sebab menggunakan wordpress ini anda harus memngintalnya di server. Sebaliknya pada wordpress.com menghadirkan layanan untuk sofware blogging. 

Anda ditawarkan agar memilih dari sekian banyak paket yang ditawarkan termasuk versi gratis . Anda dapat membuat website tanpa harus mengintal atau membeli hosting terlebih dahulu.

3. Cara Pengelolaan

Tampilan pada wordpress  dan juga blogspot dapat disesuaikan dengan tema yang telah disediakan. Namun ada juga beberapa tema yang berbayar yang dapat dibeli. Tema yang berbayar memang lebih responsif dan juga mudah disetting.

Pada platform blogspot dan juga wordpres juga terdapat tempat penayangan iklan dari para advertiser. Namun perlu diketahui, pada blogspot dapat memperoleh sedikit kelebihan, yakni lebih disukai  oleh adsense karena merupakan produk google sendiri. Meski sama-sama dapat sukai  oleh adsense, namun sepertinya adsense lebih cenderung pada  bloggspot. 

4.  Keamanan

Kedua platform ini memiliki keamanan yang baik. Pada blogspot memiliki keamanan yang langsung diproteksi oleh google, sehingga apabila ada pembajakan akan mendapat peringatan melalui gmail. Pada wordpress juga dilengkapi dengan script yang dapat terus diperbarui. 

Itu tadi beberapa ulasan mengenai blogspot dan juga wordpress. Keduanya memang memiliki keunggulan masing-masing, jadi tentukan pilihan anda mulai dari sekarang ya! 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *