5 Kriteria guru idaman yang didambakan siswa

Media 0
guru idaman

Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kata guru dan siswa. Di mana siswa membutuhkan guru sebagai sumber ilmu pengetahuan, media, dan juga sosok yang dijadikan sebagai panutan. Sehingga muncul sebuah label yaitu “Guru Idaman”.
Menjadi guru idaman para siswa sebenarnya tergantung pada karakter yang sudah mendarah daging pada seorang guru. Guru idaman tentunya memiliki karakter yang pas di hati siswa. Menjadikan guru tersebut diterima oleh seluruh siswa.

Berikut beberapa kriteria guru idaman sesuai dengan harapan siswa

1. Serius tapi Santai

Kriteria guru teladan yang pertama bagi siswa ialah memiliki cara mengajar yang serius namun tetap santai. Guru saat ini banyak yang tidak seimbang dalam menerapkan kalimat “serius tapi santai”. Hal ini tentunya membuat siswa tegang saat belajar bersama guru.
Kalimat serius tapi santai sebaiknya diterapkan saat kegiatan belajar mengajar tiap harinya. Sehingga siswa akan merasa nyaman selama proses pembelajaran.

2. Lebih Banyak Senyum

Rasulullah pernah berkata, bahwa senyum merupakan sedekah. Begitupun senyuman yang diberikan oleh guru idaman. Senyuman tersebut mampu meneduhkan hati siswa dan menjadi sumber semangat ketika belajar.
Guru yang murah senyum tentunya memiliki hati yang selalu terkontrol dan terkondisikan dengan baik. Karena senyum yang tulus berasal dari hati yang tertata. Kemampuan memanajemen hati hanya dimiliki oleh guru teladan tertentu.

3. Rajin Mengajar

Kriteria guru teladan yang selanjutnya ialah rajin mengajar. Hal ini dapat diartikan bahwa guru yang teladan selalu memenuhi tanggung jawabnya untuk mengajar. Kalaupun ada kepentingan yang tidak dapat ditinggalkan, guru teladan akan memberi tugas yang tidak memberatkan siswa dan mudah dipahami.
Tidak ada alasan bagi guru teladan untuk meninggalkan siswa, oleh karena itulah siswa akan lebih terjamin akan kualitas dan juga ilmu yang akan didapatkan. Disiplin juga menjadi salah satu landasan guru untuk rajin mengajar, dimana karakter disiplin nantinya akan tersalurkan pada siswanya.

4. Komunikatif

Kriteria guru idaman yang akan dibahas pada poin ke-empat adalah komunikatif. Guru idaman tentunya akan memahami betapa pentingnya komunikasi antara guru dan siswa, dimana selalu ada momen guru bertanya siswa menjawab dan juga siswa bertanya guru menjawab. Momen timbal balik inilah yang nantinya terkenang dalam ingatan siswa.

5. Adil

Kata yang akan menjadi kriteria guru idaman pada poin ke lima adalah adil. Dimana hal ini hanya dimiliki oleh guru tertentu saja. Pengertian adil dapat diartikan secara luas, baik berupa pelayanan, kasih sayang, atau cara menangani siswa.
Adil sebenarnya dapat diartikan sesuai dengan porsi yang seharusnya didapatkan siswa. Dimana keadaan siswa yang beragam tidak perlu disamaratakan, namun harus sesuai dengan kebutuhan siswa. Sebagai contoh, siswa yang memiliki penglihatan baik, tentunya mendapat hak yang berbeda dengan siswa yang kekuranngan dalam kesehatan penglihatan. Guru dapat menerapkan sikap adil dengan menaruh siswa yang berpenglihatan kurang di posisi paling dekat dengan papan tulis.

Memang, kacamata adil tidak serta merta didapatkan dari setiap manusia, namun guru idaman tentunya akan berusaha semaksimal mungkin agar tetap bisa berlaku adil terhadap masing-masing siswanya.
Uraian mengenai 5 kriteria guru idaman di atas berasal dari kacamata siswa, dalam arti setidaknya guru yang dijadikan panutan sesuai dengan apa yang rata-rata siswa inginkan. Jadilah guru yang memiliki waktu bagi siswa, jadilah guru yang juga mampu menjadi teman, jadilah guru yang mampu menjadi segalanya bagi siswa. Karena dengan begitu, anda akan menjadi guru yang selalu dikenang sepanjang masa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *