5 Rekomendasi Mainan untuk Anak Delay Speech

Delay speech atau keterlambatan berbicara pada anak sering menjadikan orang tua khawatir dan kesulitan dalam memahami anak. Padahal delay speech bukanlah suatu hal sangat berat, namun hal tersebut juga tidak boleh diremehkan. Jika, anak Anda mengalami delay speech, Anda bisa menggunakan 5 mainan di di bawah ini untuk merangsang kemampuan berbicaranya.

1.     Puzzle

Permainan memasangkan benda ini bisa merangsang kemampuan berbicara anak. Anda bisa memulainya dengan puzzle angka, hewan, atau benda. Anda bisa mendampingi anak bermain ini dengan menyebutkan benda yang dipasangkan. Anak akan belajar tentang benda di puzzle dan perlahan lahan akan mengikuti perkataan Anda.

Setelah bisa mengikuti perkataan Anda, berikan kuis sederhana terkait puzzle tersebut, seperti menanyakan “Benda apa ini?” dan tunggu hingga anak menjawab. Benarkan jika pengucapannya salah dan selalu berikan apresiasi dalam setiap jawaban anak.

2.     Permainan Susun

Permainan susun bagus untuk melatih kemampuan motorik dan koordinasi tangan-mata. Permainan ini juga membuat anak belajar tentang imajinasi bentuk apa yang bisa mereka buat serta membangun kreativitas.

Anda bisa menggabungkan kemampuan anak tersebut dengan mengajaknya berbicara sambil menyusun balok. Mulai percakapan dari yang sederhana, seperti bentuk apa, warna apa, dan mau membentuk apa. Hal ini akan membuat anak mau berbicara tanpa terbebani karena asik sambil bermain.

3.     Buku Cerita

Membacakan buku cerita terlebih dengan gambar dapat membantu anak dalam mengenal dan berbicara. Tunjuk gambar sembari mengucapkan kosa kata, Anda bisa menambahkan dengan gesture atau efek suara agar mudah dipahami oleh anak.

Buat anak mengikuti perkataan maupun gesture Anda secara berulang-ulang hingga mereka terbiasa. Setelah mengenal kata benda, Ada bisa menambahkan cerita dengan kalimat yang lebih panjang agar anak bisa belajar lebih dalam penyusunan kata dalam berbicara.

4.     Mainan Musik-musikan

Selain dari buku, anak juga bisa belajar tentang kosa kata melalui musik. Anda bisa memutar lagu maupun mainan yang menimbulkan suara untuk menstimulasi anak berbicara. Selain menyenangkan bagi anak, mainan ini akan membuat anak cenderung menirukan suara yang didengarnya sehingga meningkatkan kemampuan verbalnya dalam mengikuti kata-kata tersebut dalam lagu.

5.     Bermain Peran dengan Mainan

Mainan anak seperti boneka, mobil-mobilan, atau benda yang disukai anak bisa menjadi media pembelajaran bagi anak. Anda bisa bermain peran dengan mainan tersebut untuk mengajarkan anak tentang kosa kata maupun kalimat-kalimat sederhana. Ajak anak untuk bermain peran tersebut sehingga timbul percakapan antara Anda dan anak Anda.

Ingin mencari mainan edukasi tersebut? Tenang, Orami jual mainan edukasi dengan berbagai pilihan. Selain itu, Orami sebagai toko peralatan bayi juga menyediakan berbagai peralatan bayi yang lengkap dengan harga yang terjangkau. Yuk, belanja di Orami mulai sekarang dan rasakan keuntungan diskon dan promo yang ditawarkan.