Teknologi printing kain terus saja berkembang, berimbang dengan perkembangan produk tekstil yang semakin variatif. Entah itu dari segi model, motif atau desain yang digunakan. Proses pemberian motif pada kain sebagai bahan mentah pembuatan baju dan celana menjadi semakin mudah berkat teknologi printing yang ada.

Ada banyak metode print textile sebenarnya yang bisa kamu coba aplikasikan untuk desain motifmu. Nah pemilihannya memang kembali lagi harus kamu sesuaikan dengan kebutuhan desain.

Beberapa Metode Print Textile yang Bisa Dipilih

Adapun berikut ini metode printing kain berbagai bahan yang bisa kamu pilih untuk mencetak gambar atau desain pada media tersebut:

  • Screen printing

Metode screen printing ialah teknik yang populer di industri textile, ini merupakan sablon manual yang mana menggunakan screen yang telah diberikan pattern sesuai dengan motif yang kamu ingin cetak. Cara ini mudah diaplikasikan untuk desain motif yang menggunakan warna dan cocok untuk produksi kaos massal.

  • Resist printing

Metode ini memakai pasta khusus kain yang telah dibentuk sesuai pattern dan desain yang kamu inginkan. Kemudian akan ada proses pewarnaan hingga nanti terbentuk warna dasarnya. Tekniknya sama seperti proses pembuatan batik yang selama ini kita tau.

  • Spray printing

Spray printing sesuai dengan namanya metode pencetakan desain gambar ini memanfaatkan spray khusus kain guna mentransfer warna yang kamu inginkan untuk kain tersebut.

  • Discharge printing

Discharge printing merupakan metode yang bekerja dengan cara menghilangkan warna yang ada pada kain menggunakan metode celup. Untuk pencelupan kamu harus menggunakan cairan khusus yang terbuat dari bahan kimia khusus pakaian.

  • Sublime printing

Sublime printing merupakan metode mencetak motif pada kain dengan menggunakan transfer papper. Pada proses pemberian motif nantinya akan dilakukan pressing agar gambar yang ada pada trsnfer papper bisa tersublimasi pada kain. Dengan begitu motif atau gambar yang kamu desain bisa tercetak rapi pada kain yang kamu pilih.

  • Digital printing

Selanjutnya ada digital printing, yang mana merupakan metode modern untuk mencetak desain motif. Dimana kamu melibatkan alat seperti komputer dan printer khusus dalam prosesnya. Tinta yang kamu gunakan juga tidak bisa sembarangan agar hasilnya lebih maksimal.

Enaknya jika kamu menggunakan digital printing kamu bisa membuat motif yang berbeda-beda untuk setiap kaos dalam waktu yang singkat. Memang metode ini kurang sesuai apabila kamu gunakan untuk mencetak desain pada kaos dalam jumlah yang banyak. Karena pada proses printingnya membutuhkan tinta print khusus dan harganya juga jauh lebih mahal. Tapi kamu bisa menghasilkan kaos dengan motif yang selain beragam, juga dengan warna yang lebih modern dan variatif.

Kalau kamu jadi pengusaha textile, kira-kira kamu akan pilih metode yang mana? Coba pertimbangkan dengan baik kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode di atas. Tujuannya agar kamu bisa menghasilkan cetakan motif yang sempurna dengan modal yang tidak terlalu besar.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *