Pelajar identik dengan tugas mengetik, membuat karya tulis untuk mengasah kemampuan mereka dalam meriset sebuah topik. Untuk membuat karya tulis tersebut unik, strukturnya benar dan tidak plagiat tentunya mereka membutuhkan sebuah alat atau situs cek plagiarism dan grammar-nya.

Sebenarnya plagiarism yang tidak sengaja terjadi adalah sebuah kebetulan mereka mengambil dari sumhber yang sama. Jika dibiarkan karya tulis atau tugasmu akan berakibat fatal, karya kamu akan mendapatkan sanksi, denda, dan tentunya tidak bisa disetujui oleh guru.

Di internet ada banyak situs cek plagiarisme yang populer dan bisa kamu gunakan untuk cek plagiat karya yang kamu buat.

Macam-Macam Situs Cek Plagiarisme 2023

Di tahun 2023 ada banyak situs cek plagiarisme yang mengalami update dan bisa kamu gunakan untuk cek plagiasi berbagai tugas yang kamu kerjakan, diantaranya:

  • Editpad

Editpad merupakan situs cek plagiat yang gratis bagi pelajar dengan berbagai fitur yang tersedia untuk penggunaan yang tidak berbayar. Menurut sebagian besar pelajar yang menggunakan alat ini, alat ini bisa diandalkan tetapi memang terbatas jumlah katanya karena gratis. Editpad bisa melaporkan hasil cek plagiarisme dengan detail, terutama teks yang kamu kutip dari sumber lain.

  • Plagiarisma.net

Yang kedua ada plagiarisma yang merupakan alat cek plagiat yang gratis dan bisa kamu gunakan tanpa perlu kamu mendaftar terlebih dahulu. Meskipun begitu hasilnya cukup akurat, dengan alat ini tersedia fitur upload dokumen, impor dari G-Drive, dan sebagainya. Hanya saja jumlah katanya memang dibatasi untuk yang gratisan yaitu 500 kata saja.

  • Plagium

Plagium bisa mengecek konten dengan berbagai sumber yang sudah lebih dulu online dan laporannya nanti bisa menunjukkan dari sumber saja kamu ambilnya. Kamu bisa bebas menggunakan alat ini tanpa perlu gangguan dari iklan. Dan untuk pengguna gratisan memang cukup terbatas dan kurang mendetail daripada dibandingkan dengan yang berbayar.

  • Plagscan

Plagscan merupakan situs cek plagiat yang berbayar tapi bisa kamu pakai secara gratis apabila mau mendaftar akunnya. Hanya saja secara pemindaian juga terbatas, tapi cukup terperinci dan akurat untuk ukuran gratisan. Sebagai keterangan di alat ini merah menunjukkan konten yang menjiplak, biru merupakan konten yang mungkin diparafrasekan atau dijiplak, sedangkan hijau menunjukkan konten yang dikutip.

  • Plagramme

Merupakan cek plagiat berbayar, meskipun kamu punya akun baru disini tetap saja tidak dapat menggunakan alat ini jika tidak membayar. Jika kamu membayar maka kamu bisa mendapatkan presentase plagiarism, sumber plagiatnya, plagiarisme yang mengalami paraphrase, salah kutip dan sebagainya.

  • Unicheck

Unicheck juga merupakan alat cek plagiat yang premium atau berbayar, harga yang harus kamu bayarkan sesuai dengan jumlah halaman yang hendak kamu beli. Secara umum untuk 20 halaman kamu harus membayar 5 dolar dan untuk 10.000 halaman kamu harus menyiapkan $600. Tapi hasilnya lebih mendetail seperti ada daftar sumbernya, dimana indeks kesamaannya, dan bisa pula membandingkan dengan karya kamu sebelumnya.

Itulah tadi beberapa situs cek plagiarisme yang bisa kamu gunakan, ada yang gratis dan berbayar. Gunakan saja sesuai kebutuhanmu, karena sebenarnya dengan situs yang tidak berbayar sekalipun bisa menghasilkan hasil plagiasi yang akurat.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *