8 Cara Merawat Mesin Mobil Agar Performa Tetap Prima

Mesin pada mobil merupakan bagian paling penting, sehingga wajib dirawat dengan benar secara rutin. Mesin mobil yang tidak dirawat akan membuat kinerja jadi berkurang. Merawat mesin mobil tak harus di bengkel, Anda pun bisa melakukannya sendiri. Perawatan mesin yang bisa dilakukan sendiri misalnya rutin membersihkan bagian bawah kap mobil, bagian body mobil, penutup filter udara, dan mengecek setiap baut serta mur yang ada pada mesin mobil.

Untuk membantu Anda dalam merawat mesin mobil, di bawah ini Kami berikan cara sederhana merawat mesin mobil agar performa mobil tetap prima.

Cara Merawat Mesin Mobil

Inilah beberapa cara yang bisa Anda terapkan dalam merawat mesin mobil

1. Bersihkan Filter Udara Mesin Secara Rutin

Salah satu cara merawat mesin mobil adalah dengan rutin membersihkan filter udara pada mesin. Sebab, bila filter udara kotor akan membuat mesin mobil boros BBM, kekurangan tenaga, hingga mobil akan sulit dinyalakan. Anda bisa bersihkan filter dan saluran udara dengan menggunakan lapu atau sikat halus  untuk membersihkan debu, kotoran dan tanah yang menempel di kotak saringan dan gunakan kompresor angin untuk membersihkan filter udara.

2. Rutin Mengecek Cairan Radiator

Banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan pentingnya cairan radiator pada mesin mobil.  Radiator berguna untuk menetralisir panas dalam mesin mobil. Bila mesin mobil kekurangan cairan maka mesin akan mengalami overheat, mobil mogok hingga akhirnya terjadi kerusakan pada bagian komponen internal mesin. Oleh sebab itu, selalu cek cairan radiator dan pastikan jumlahnya tercukupi.

3. Lakukan Tune up dengan Rutin

Melakukan tune up dengan rutin di bengkel mobil merupakan  hal paling penting dalam perawatan mesin mobil. Dengan melakukan tune up dapat membuat mesin mobil awet dan bekerja optimal.

Saat proses tune up berlangsung, komponen penting yang ada pada mesin mobil akan diperiksa secara menyeluruh. Bila ditemukan kerusakan atau masalah pada mesin mobil maka mekanik bengkel akan segera memperbaiki mobil Anda.

4. Jalankan Mobil dengan Putaran Mesin yang Tinggi

Bila dalam waktu yang lama mesin mobil tidak dihidupkan, maka akan muncul kerak pada mesin. Untuk menghilangkan kerak tersebut, jalankan mobil dengan putaran tinggi beberapa detik, dengan tujuan agar kerak terbakar dan keluar lewat lubang knalpot. Tapi ingat untuk melakukan cara yang satu ini, penting untuk Anda perhatikan keamanan dan keselamatan di sekitar Anda, apalagi bila Anda melakukan di jalan raya.

5. Panaskan Mobil Sesering Mungkin

Usahakan panaskan mesin mobil sesering mungkin bahkan setiap hari bila perlu. Hal ini untuk menjaga performa mesin tetap prima. Memanaskan mobil setiap hari juga bisa membuat oli tetap merata ke semua bagian mesin.

Tapi perlu diingat, untuk panaskan mobil dengan transmisi netral serta tanpa menyalakan AC. Selain memanaskan mobil setiap hari, usahakan juga untuk menjalankan mobil setidaknya sebulan sekali. Hal ini untuk mengecek kondisi mesin mobil, bila ada perubahan maka akan terdeteksi.

6. Merawat Aki Mobil

Aki pada sebuah mobil adalah salah satu komponen yang penting, bila aki tidak dirawat maka akan berpengaruh juga pada bagian mesin mobil. Oleh karena itu untuk merawat mesin mobil, aki juga perlu dijaga agar tahan lama dan awet.

Adapun untuk merawat aki adalah dengan memastikan air aki  pada level normal, yaitu antara garis batas penanda. Anda juga bisa mengecek aki dengan cara mengukur tegangannya lewat voltmeter.

7. Selalu Mengisi Penuh Bahan Bakar

Cara merawat mesin mobil berikutnya adalah dengan selalu mengisi penuh bahan bakar. Kebiasaan tidak mengisi penuh bahan bakar akan membuat kotoran serta kerak menempel di bagian atas tangki bahan bakar.

Jadi, pastikan untuk selalu mengisi tangki bahan bakar dengan penuh. Hal ini untuk menjaga kebersihan bagian atas tangki. Jika kerak atau kotoran yang ada pada tangki bahan bakar terbawa ke dalam saluran pembakaran maka akan sangat berbahaya.

Disarankan juga untuk menggunakan bahan bakar rekomendasi pabrik, yaitu bahan bakar beroktan tinggi serta bebas timbal. Bahan bakar yang mengandung timbal dapat membuat mesin  mobil tersumbat hingga merusak kinerja mesin tersebut.

8. Ganti Oli Setiap 5.000 KM

Ganti oli secara berkala setiap 5.000 KM akan besar pengaruhnya pada kinerja mesin mobil Anda. Pastikan juga Anda memilih oli yang sesuai dengan jenis dan kapasitas mesin supaya mesin mobil selalu dalam kondisi prima.

Itulah 8 cara merawat mesin mobil agar performa tetap prima. Bila Anda mengalami kendala dalam merawat mesin mobil, Anda bisa datangi bengkel mobil terdekat Anda. Pastikan Anda mendapatkan perawatan dan servis terbaik untuk mobil Anda di bengkel yang menjadi mitra Otoklix.