Amalkan Salah Satu Doa Ini Sebelum Tidur ! Keutamaannya Sangat Dahsyat

Tiap umat Muslim yang hendak tidur di malam hari dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Dalam Islam, pentingnya tidur juga sudah termaktub di dalam Al-Qur’an surah An-Naba ayat 7, yang berbunyi :

“Waja’alnâ naumakum subâtâ.”

Artinya : “Dan kami menjadikan tidurmu untuk istirahat.”

Sehingga, jika kamu tidur secara teratur setiap harinya, maka kesehatanmu akan lebih terjaga. Sebaliknya, jika kamu tidak pernah tidur dalam jangka waktu lama, tentunya akan mudah sakit. Mengingat betapa pentingnya aktivitas tidur , Imam al-Ghazali memberikan nasihatnya mengenai adab tidur sebagaimana tercantum didalam risalahnya yang berjudul Al-adab fid Din dalam Majmu’ah Rasail al-Imam al-Ghazali (Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, halaman 434).

Adapun doa sebelum tidur yang bisa kamu amalkan sebelum beristirahat di malam hari adalah sebagai berikut :

  • Doa Sebelum Tidur Yang Pendek

Doa sebelum tidur yang pendek dan umum dipanjatkan oleh kalangan awam saat hendak tidur ini menukil dari hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Muslim (Shahih Muslim, 6887).

Berikut bacaan latin doa sebelum tidur yang pendek :

Allâhumma! Bismika ahyâ wa bismika amût.

Artinya :

“Ya Allah ! Dengan nama-Mu, aku hidup dan dengan nama-Mu pula aku mati.”

  • Doa Sebelum Tidur Agak Panjang

Selain doa pendek, ada pula contoh doa sebelum tidur agak panjang yang dinukil sebagian dari doa panjang sebagaimana direkomendasikan Iman al-Ghazali di dalam risalahnya dengan judul Bidâyatul Hidâyah adalah sebagai berikut :

Bismika rabbi wadha ‘tu janbî wabismika arfa’uhu faghfirlî dzanbî. Allahuma qinî adzâbaka yauma tab’atsu ibâdaka. Allâhumma innî a’udzubika min-syarri kulli dzî syarrin. Wa min syarri kulli dâbbatin anta âkhidzun binâshiyatihâ, inna rabbi ‘alâ shirâthin mustaqîm.

Artinya :

“Dengan nama-Mu wahai Tuhanku, kuletakkan ruskukku dan dengan nama-Mu pula kuangkat tulang itu serta ampunilah dosa-dosaku. Ya Allah semoga engkau menjagaku dari adzab-Mu pada hari dimana Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari keburukan segala sesuatu yang memiliki keburukan serta dari kejahatan setiap yang melata. Engkaulah yang menggenggam ubun – ubunnya. Sesungguhnya Tuhanku berada di jalan yang lurus.”

Itulah 2 doa sebelum tidur yang bisa diamalkan oleh umat Muslim. Dengan membaca doa sebelum tidur, maka kamu bisa terhindar dari mimpi buruk. Selain itu, ternyata masih banyak keutamaan dari membaca doa sebelum tidur.

Pada saat kamu tidur, maka pada saat itu Allah sedang memegang jiwamu yang belum meninggal. Saat Allah mengembalikan kembali jiwamu, maka kamu bisa kembali bangun dan kemudian menjalani kehidupan seperti biasanya. Namun, jika Allah tidak mengembalikan jiwamu, maka itulah yang disebut dengan kematian.

Jadi, sebagai seorang mukmin yang menyakini konsep tersebut tentunya kamu tidak akan pergi tidur tanpa mempersiapkan kemungkinan nanti tidak akan bangun lagi untuk selamanya. Karena itu, mengapa sangat penting membaca doa terlebih dahulu sebelum tidur. Hal itu dilakukan agar kamu selalu tetap mengingat Allah dalam segala kondisi. Jadi, jika saat tidur itu kamu dijemput untuk kembali setidaknya kamu sudah mengingat Allah sebelum tidur.

Apabila kamu sudah mengamalkan doa sebelum tidur ini dan kemudian ditakdirkan menemui ajal saat terlelap, maka Allah sudah menilai kamu meninggal dalam keadaan fitrah atau Husnul Khotimah. Maka berarti segala dosa sudah diampuni oleh Allah sebagaimana keadaan saat pertama kali dilahirkan oleh ibu.