Apa Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG): Manfaat dan fungsinya

Ini adalah sistem yang mampu memberikan informasi tentang data karyawan pada perusahaan dan interaksi agen untuk mencapai tujuan yang ditargetkan.

SIMPEG menangani manajemen data personel secara khusus meliputi: Pengumpulan data karyawan, BKD, proses perencanaan dan pembentukan personel, penggajian, penilaian tingkat kredit, mutasi karyawan, dan sistem pelaporan.

Aplikasi SIMPEG di agensi dimasukkan, pengawasan dan pemantauan dalam hal data staf.

Input data mentah biasanya disiapkan oleh formulir yang harus diisi dengan karyawan agen dengan baik dan benar.

Jika dalam mengisi formulir dilakukan dengan baik dan benar, operator dapat langsung mengisi database dari setiap karyawan di SIMPEG, dan operator dapat fokus pada pengisian sesuai dengan bentuk yang diterimanya tanpa memeriksa file fisik.

Manfaat dan Fungsi Mengembangkan Sistem Manajemen Personel

Sumber daya manusia adalah bagian terpenting dari mengimplementasikan fungsi dan tugas agen, perusahaan atau perguruan tinggi.

Fungsi penting dari Manajemen Sumber Daya Manusia adalah untuk memastikan bahwa organisasi dapat mencapai tujuan strategisnya dengan memiliki sumber daya manusia yang andal untuk memenuhi kebutuhan kuantitas dan lembaga-lembaga yang berkualitas.

Manajemen aspek manajemen sumber daya manusia di suatu badan atau perusahaan dapat dikelola dan diimplementasikan secara optimal, manajemen konvensional tidak efektif dan efisien saat ini.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, ia harus dikembangkan sistem informasi kepegawaian yang memiliki keahlian terkait.

Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian adalah sistem informasi manajemen yang berfungsi untuk mengelola data, manajemen dan administrasi ketenagakerjaan suatu agen, perguruan tinggi, atau perusahaan.

Personalia SIM menjadi solusi yang tepat untuk agen, perusahaan atau perguruan tinggi dalam mengatasi masalah manajemen kepegawaian.

Tujuan penerapan staf SIM adalah realisasi sistem informasi manajemen terintegrasi dalam jaringan komputer yang mampu menghasilkan informasi berkualitas untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen staf di lingkungan agensi.

Kegiatan ini juga mendukung proses bisnis dan kontinuitas agensi, perusahaan, atau perguruan tinggi.

Oleh karena itu, komitmen suatu badan untuk menjalankan sistem informasi manajemen harus sangat tinggi sehingga proses yang terjadi pada lantai produksi menjadi bermanfaat bagi pengguna.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen Personalia, antara lain:

  • Dapatkan informasi tentang keadaan karyawan (profil personel) yang cepat dan akurat
  • Membuat laporan bisa mudah dilakukan.
  • Kenali karyawan yang akan bangkit dan akan mendapatkan gaji berkala meningkat
  • Memfasilitasi pekerjaan yang terkait dengan staf seperti tingkat kredit karyawan
  • Dapat merencanakan penyebaran (mutasi) karyawan sesuai dengan pendidikan dan kompetensi mereka
  • Perencanaan Kebutuhan Karyawan (Neraca Karyawan)
  • Memfasilitasi pemantauan cuti
  • Memfasilitasi pengelolaan beban kerja kepada karyawan
  • Memfasilitasi kehadiran dan penggajian karyawan
  • dan memfasilitasi perekrutan karyawan

Fungsi sistem informasi manajemen personalia, antara lain:

  • Tingkatkan aksesibilitas data yang disajikan secara tepat waktu dan akurat
  • Menyadari data kepegawaian terbaru dan terintegrasi.
  • menjamin ketersediaan kualitas dan keterampilan
  • Kembangkan proses perencanaan yang efektif.
  • Meningkatkan produktivitas SDM di perusahaan
  • Memberikan informasi karyawan yang akurat untuk perencanaan, pengembangan, kesejahteraan dan keperluan kontrol karyawan
  • Membantu pekerjaan yang lancar di bidang kepegawaian, terutama dalam laporan pelaporan

Jika agensi Anda menggunakan SIM kepegawaian yang dikembangkan oleh bakat oleh Mekari, Anda pasti mendapatkan banyak manfaat dan banyak fitur yang tersedia, dan fitur tambahan yang ingin Anda sesuaikan. Berikut adalah beberapa fitur ini;

Fitur personel SIM yang mengembangkan bakat oleh Mekari, antara lain:

1. Fitur Data Karyawan

Fitur data karyawan, menampilkan semua detail data (data pribadi, keluarga, sejarah pendidikan, sejarah peringkat, riwayat posisi akademik, riwayat posisi struktural, sejarah penelitian, sejarah layanan masyarakat, penghargaan, sertifikat, tugas pelatihan, dan sebagainya).

Dalam fitur ini setiap karyawan dapat menyisipkan / mengedit data kemudian divalidasi oleh bagian kepegawaian.

2. Fitur dari permintaan cuti

Fitur pengajuan cuti, setiap karyawan dapat mengirimkan cuti online maka proses persetujuan akan dilakukan oleh penyelia dalam bentuk pemberitahuan email dan kemudian divalidasi oleh bagian kepegawaian.

3. Fitur peningkatan berkala

Fitur peningkatan berkala sistem akan melakukan proses pemrosesan otomatis dan penyampaian promosi berkala dan gaji reguler karyawan.

4. Fitur Penilaian Kinerja Karyawan

Fitur penilaian kinerja karyawan, proses penilaian yang terkandung dalam personel SIM yang dikembangkan oleh bakat oleh Mekari adalah target kinerja karyawan (SKP).

Tetapi kadang-kadang setiap lembaga memiliki proses penilaian kinerja karyawan khusus sehingga dalam fitur ini diperlukan untuk menyesuaikan aliran proses penilaian kinerja karyawan sesuai dengan lembaga yang ada.

5. Fitur Kehadiran Karyawan

Fitur Kehadiran Karyawan, adalah fasilitas untuk menampilkan daftar presentasi karyawan baik setiap hari atau rekap per bulan.

Fitur ini juga dilengkapi dengan proses penarikan data dari mesin keberadaan seperti mesin sidik jari, tombol dan sebagainya.

6. Fitur Rekrutmen Karyawan

Fitur-fitur rekrutmen karyawan, setiap unit kerja dapat dilakukan untuk membuka pekerjaan sesuai dengan kriteria yang diperlukan.

Pelamar yang melamar lebih lanjut dapat melakukan proses pemilihan karyawan mulai dari proses administrasi, tes psikologis untuk ditunjuk sebagai karyawan baru.

7. Fitur Payroll / Payroll

Fitur Payroll / Payroll, fitur ini adalah fitur yang sangat berguna bagi institusi untuk melakukan manajemen penggajian.

Dalam fitur ini ada proses menghitung komponen gaji seperti gaji pokok, tunjangan, lembur, kehormatan, potongan, pinjaman, dan pajak.

8. Fitur Angka Kredit Karyawan

Fitur tokoh kredit, rekaman tingkat kredit karyawan. Dalam fitur ini juga dilengkapi dengan fasilitas simulasi nilai per periode per periode.

9. Fitur dari beban kerja karyawan

Fitur beban kerja karyawan, karyawan melakukan input rubrik karyawan karyawan kemudian penilaian.

Keuntungan dari talenta personel SIM oleh Mekari:

  • Staf SIM mengembangkan berbasis web, sehingga dapat diakses dari mana saja melalui jaringan internet.
  • disertai dengan keamanan data dan rekam pencatatan pengguna yang melakukan transaksi aplikasi. Jadi itu lebih aman dan dapat melakukan pemantauan data dan proses kontrol.
  • Ada menu laporan yang dapat dikonversi tipe dokumen ke dokumen Word, Excel dan PDF.
  • Fitur pencarian data dan penyortiran data setiap halaman, membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk melakukan pencarian data yang diinginkan dan penyortiran data.
  • Aplikasi SIMPEG yang dikembangkan saat ini mendukung situs web seluler responsif sehingga dapat dibuka melalui smartphone yang responsif.

Pemanfaatan sistem informasi manajemen manajemen personalia dapat membantu dan menyederhanakan pengguna dalam hal ini karyawan operasional, kepemimpinan dan pihak yang membutuhkan data dalam penyajian informasi tentang data staf.

Semoga ulasan ini berguna, dan membantu Anda dalam menentukan layanan berkualitas dalam pengembangan manajemen sistem manajemen di perguruan tinggi, lembaga dan perusahaan yang Anda kelola.

Aplikasi SIMPEG Talenta oleh Mekari memiliki pengalaman dalam mengembangkan aplikasi sistem manajemen informasi yang andal