Calon Mahasiswa Teknik, Ini Dia Beberapa Jurusan Teknik Yang Memiliki Peluang Bagus

Mahasiswa teknik Indonesia diyakini memiliki peluang kerja yang luas dan menjanjikan. Sebagai contoh, sektor yang bergerak di bidang pertambangan dan minyak tentu memiliki peluang kerja yang luas di Indonesia yang terkenal dengan sumber daya alamnya yang melimpah. Tidak hanya itu, apabila kamu sering melihat beberapa bengkel spesialis ac mobil, atau perawatan kendaraan tertentu, mereka juga membutuhkan lulusan teknik. Dengan gelar di bidang teknik sipil, banyak perusahaan mempekerjakan ahli teknik sipil sebagai negara untuk memperkuat pembangunan infrastruktur. Tidak hanya perusahaan infrastruktur dan konstruksi swasta, tetapi juga badan usaha milik negara. Baca juga: Beasiswa Magister Kominfo Telah Dibuka. Ini adalah persyaratan dan metode aplikasi. Melansir laman RuangGuru di ruangguru.com, berikut  rangkuman 17 jurusan teknik dengan prospek karir menjanjikan yang  bisa dilihat calon mahasiswa. Pilih mahasiswa baru.

  1. Teknik Sipil

Teknik Sipil adalah mata kuliah teknik yang berhubungan dengan infrastruktur. Departemen ini  mempelajari proses perancangan, pembangunan dan peremajaan gedung, jalan, jembatan, bendungan dan infrastruktur lainnya serta berperan penting dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Lulusan teknik sipil dapat bekerja di berbagai perusahaan real estat, konstruksi, atau konstruksi. Anda juga dapat bekerja untuk instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Umum (PUPR), dan badan usaha milik negara lainnya di bidang konstruksi.

  1. Teknik Mesin

Hampir semua hal saat ini menggunakan mesin untuk meningkatkan efisiensi atau  memaksimalkan produksi. Pencinta mesin akan belajar tentang prinsip-prinsip fisik yang terkait dengan  analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Materi tentang mekanika, kinematika, teknologi material, dan termodinamika juga  diperdalam di sini. Lulusan program gelar ini  sangat diminati di berbagai industri seperti manufaktur, teknologi, otomasi dan pertambangan.

  1. Teknik Industri

Teknik Industri tidak hanya berurusan dengan kompleksitas mesin manufaktur, tetapi juga dengan sistem manajemen  industri. Prospek karir berkisar dari industri kecil hingga besar. Baik di bidang teknik industri, bidang produksi, teknik mesin, perencanaan biaya dan HRD.

 4 Teknik Elektro

Mahasiswa Teknik Elektro  mempelajari aplikasi dan penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Kursus ini juga dibagi menjadi beberapa bidang prioritas dan  sangat luas. Berkat keahlian kelistrikannya, banyak lulusan teknik elektro membidik industri energi besar, seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Pekerjaan dari industri telekomunikasi, minyak dan gas, industri otomotif hingga perusahaan  multinasional juga  menjadi pilihan.

5 Teknik Nuklir

Teknik Nuklir adalah jurusan yang mempelajari ilmu inti atom berdasarkan prinsip-prinsip fisika nuklir dan interaksi antara radiasi dan zat. Tenaga nuklir dapat digunakan tidak hanya  untuk bom atom, tetapi juga  untuk perawatan medis, pembangkit listrik, dan energi. Prospek pekerjaan di bidang ini sangat menjanjikan. Dimulai dari perusahaan  energi seperti perusahaan pertambangan, perusahaan minyak, PLN, pembangkit listrik tenaga nuklir,  dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Begitu banyak peluang para jurusan teknik di luar sana, namun memang jurusan ini terkenal cukup sulit untuk di selesaikan. Akan tetapi jangan khawatir karena ada banyak sekali kesempatan yang bisa kamu dapatkan apabila kamu menyandang gelar lulusan teknik seperti bekerja di produksi, perusahaan alat berat, mengoperasikan cable support system dan masih banyak lagi.