Cara Mendidik Anak Tumbuh Menjadi Anak Cerdas

Media 0
kecerdasan anak

Kecerdasan seorang anak tidak mutlak beasal dari gen yang diturunkan oleh rang tuanya, menurut penelitian kecerdasan yang diwariskan oleh orang tua sebanyak 40-60 persen saja, selebihnya berasal dari faktor luar misalnya lingkungan. adakalanya anak yang lahir dari orang tua yang memiliki kecerdasan yang biasa-biasa saja dapt tumbuh menjadi anak cerdas karena lingkungan tempat tinggalnya mendung dalam menjadikan anak menjadi cerdas.

Berikut kami jabarkan tips bagaimana agar anak tumbuh menjadi anak cerdas.

1. Ajarkan keterampilan sosial

Ajari anak-anak kita dalam menyelesaikan masalah dengan teman sebayanya, misalnya meminta maaf jika melakukan kesalahan, biasakan anak mendengarkan tanpa menyela ini akan menjadikan anak untuk menghormati orang lain, dan ajari anak untuk membantu orang lain dengan begitu anak akan memiliki jiwa sosial yang tinggi dan itu akan menjadikan anak cerdas dalam hal keterampilan sosial.

2. Jangan terlalu melindungi

Terkadang orang tua tidak memberikan kesempatan pada anak untuk menyelesaikan masalahnya, atau orang tua tidak sabar menunggu anak dalam menyelesaikan masalah, atau bahkan kebiasan orang tua yang over protektif terhadap anak terlalu khawatir terhadap anak dalam menyelesaikan masalah. hal ini sebetulnya akan berpengaruh buruk terhadap perkembangan anak, karena anak akan terbiasa dengan pertolongan orangtuanya, hal ini akan berakibat pada anak untuk mengandalkan pertolongan dari orang tua. jika mereka memiliki masalah maka mereka akan berharap malaikat penolong akan datang muntuk memberikan pertolongan. untuk menghindari hal-hal semacam itu, maka biarkan anak-anak yang sedang memiliki masalah untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. kita sebagai orang tua tugasnya mengawasi anak-anak kita agar mereka dapat menyelesaikan masalahnya sendiri, hal ini akan menjadikan mereka menjadi anak cerdas.

3. Biasakan anak belajar sejak dini

Membiasakan anak belajar sejak dini misalnya membaca atau berhitung akan mempengaruhi kemampuan berfikir mereka kelak. tetapi penting juga bagi orang tua agar tidak terlalu jauh membantuk anak dalam mengerjakan tugas yang diberikan bapak atau ibu guru disekolah, karena dapat menghambat kecerdasan anak.

4. Jangan biasaan anak dengan gadget

Terkadang untuk alasan agar anak tidak rewel orang tua membiarkan anak dalam bermain gadget, tentunya ini tidak baik terhadap anak dari segi kesehatan mata ataupun perkembangan otak anak. karena disaat saat anak bermain dengan gadget pada saat itulan keterampilan anak akan terhenti yang mengakibatkan kecerdasan anak akan berkurang. jadi batasi anak dalam bermain gadget agar anak tumbuh menjadi anak cerdas.

5. Hindari terlalusering memuji anak

Pujian terhadap anak bagus dalam memotivasi anak untuk melakukan hal baik selanjutnya. tetapi terlalu sering memuji anak dapat mejadikan mereka terlena dengan pujian yang mereka dapatkan, ini juga akan menjadika mereka tidak maksimaldalam berusaha nantinya. jadi berikan pujian seperlunya saja agar anak tidak terlena dengan pujian kita. Temukan info tentang pendidikan di adminjombang.com

Demikian hal-hal yang dapat kita lakukan agar anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *