Ciri-ciri Negara Berkembang Perbedaan Negara Berkembang dan Negara Maju

Hidup di negara Indonesia yang termasuk negara berkembang maka setidaknya harus tau tentang penjelasan ap aitu negara berkembang, maka dari itu mari kita bahas tentang perbedaan negara berkembang dan negara maju berikut ini.

 

Negara berkembang masih terdapat di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Negara berkembang disebut juga dunia ke-3, negara Selatan, atau less developed country.

 

Pendapatan dalam suatu negara rendah, dan sumber alam belum banyak terolah. Dari pengertian itu dapat disimpulkan negara berkembang dapat dikatakan negara yang mempunyai taraf kehidupan dan kesejahteraan hidup yang relatif rendah dibanding penduduk di negara maju.

 

Menurut world development report, negara berkembang mempunyai pendapatan per kapita rata-rata penduduk kurang dari US dollar 500. Dasar pengelompokan negara maju dan berkembang juga berdasarkan iptek yaitu ilmu pengetahuan dan teknologi. Negara berkembang biasanya mempunyai penguasaan iptek yang rendah.

 

Perbedaan negara berkembang dan maju, indikatornya adalah

  • Pendapatan Nasional Perkapita (Grass National Product/GNP)

GNP jadi patokan untuk membagi jumlah keseluruhan pendapatan negara pertahun dengan jumlah seluruh penduduk, kalau hasil baginya lebih dari US Dollar 10.000 negara itu termasuk maju. Kalau hasil bagi nya kurang dari US Dollar 80, negara itu termasuk negara sedang berkembang.

 

  • Mata Pencaharian Penduduk

Disebut negara berkembang kalau prosentase angkatan kerja lebih banyak produksi bahan makanan pokok, disebut negara maju kalo presentasi pekerjaan lebih banyak di sektor jasa.

 

  • Produktivitas

Dikelompokkan sebagai negara berkembang jika keseluruhan produktivitas tenaga kerja ditentukan selama setahun, dibagi jumlah keseluruhan angkatan kerja. Hasilnya produktivitas tenaga kerja lebih rendah, demikian juga sebaliknya kalau produktivitas tenaga kerja lebih tinggi masuk ke kelompok negara maju.

 

  • Pemakaian Energi

Indikator ini tidak mutlak sebab iklim di setiap negara berbeda-beda, negara maju biasanya menggunakan energi listrik dan energi lain cukup tinggi.

 

  • Fasilitas Transportasi dan Komunikasi

Negara maju punya perkembangan dan sarana komunikasi yang memadai, cara penentuan indeks perkapita dari pengukuran jalan, kereta api, jalan raya, hubungan udara, telepon, radio, televisi dan sebagainya. Kalau indeks semakin tinggi maka semakin tinggi juga perkembangan negara itu.

 

  • Pemakaian Metal yang Sudah Diolah

Bahan bahan metal seperti besi, baja, tembaga, aluminium, dan logam semakin tinggi tingkat perkembangan nasional negara dilihat dari banyaknya bahan metal.

 

  • Kategori Lain

Negara maju mempunyai presentase melek huruf rendah, sedangkan negara berkembang mempunyai jumlah penduduk melek huruf tinggi. Katagori yang lain misal terbatasnya pendapatan keluarga guna membeli bahan makanan, serta jumlah tabungan lebih sedikit. Diambil contoh negara berkembang di Asia yakni Indonesia, Myanmar, Nepal, Papua Nugini, Palestina.

 

Ciri-ciri Negara Berkembang

– Tingkat Pendidikan yang Rendah

– Tingkat Penghasilan yang rendah/pendapatan per kapita rendah

-Tingkat Kesehatan Masih Rendah

– Sistem Perekonomian masih tergantung dari luar atau perekonomian tradisional

– Angka pengangguran tinggi

– Kesempatan Kerja masih minim

 

Karakteristik negara berkembang yakni:

  1. Pola hidup masyarakat yang masih relatif rendah
  2. Produktivitas kerja masih sangat minim
  3. Laju pertumbuhan penduduk cukup tinggi
  4. Jumlah pengangguran masih cukup tinggi
  5. Sektor produk primer dan pertanian jadi sumber utama
  6. Kekuasaan dan ketergantungan di hubungan internasional.

PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) mengelompokkan negara berkembang berdasarkan pendapatan yakni:

  1. Negara miskin atau terbelakang (least developed): 44 negara
  2. Negara berkembang (developing nations): 88 negara
  3. Negara Kaya (Pengekspor minyak): 13 negara

 

Demikian tentang ciri-ciri negara berkembang, dan perbedaannya dengan negara maju. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang membacanya.