Inilah 5 Tanda Ketika Anda Mengalami Asam Urat

Apabila sering merasakan nyeri tidak tertahankan di area persendian, maka Anda perlu waspada. Sebab bisa saja hal tersebut merupakan gejala asam urat. Penyakit yang menyerang bagian persendian, seperti jari tangan, lutut, pergelangan kaki, atau jari kaki ini bisa menyerang siapa saja, khususnya yang sudah berusia di atas 30 tahun.

 

Pada wanita yang sudah mengalami menopause penyakit ini lebih rentan terjadi. Biasanya pengidap asam urat akan merasakan sakit dalam waktu 3-10 hari. Tapi masih banyak yang salah mendeteksi penyakit ini dan menyamakannya dengan rematik.

Gejala Asam Urat

Agar bisa membedakan penyakit ini dengan rematik sehingga bisa melakukan pengobatan yang tepat, Anda perlu mengenali gejalanya. Berikut adalah beberapa gejala yang akan dialami penderita penyakit ini:

1.     Sendi yang Mendadak Terasa Sangat Sakit

Gejala yang paling umum terjadi adalah rasa sakit atau nyeri di area persendian yang terjadi mendadak. Bisa terjadi saat Anda beraktivitas atau saat sedang bersantai. Sakitnya bisa terasa sangat parah dan durasinya bisa panjang maupun pendek, tapi berulang-ulang terjadi.

2.     Kesulitan Berjalan Khususnya Malam Hari

Gejala asam urat berikutnya adalah mengalami kesulitan berjalan akibat rasa sakit yang dialami, terutama pada malam hari. Kaki terutama di daerah sendi terasa sangat sakit sehingga untuk digerakkan berjalan benar-benar menyiksa.

3.     Nyeri Hebat yang Berkembang Cepat

Mengalami nyeri hebat di bagian persendian yang rasa sakitnya berkembang dengan cepat juga merupakan gejala penyakit ini. Biasanya terjadi dalam beberapa jam, dimulai dengan nyeri biasa kemudian berkembang menjadi semakin parah dalam masa waktu tersebut.

 

Rasa sakitnya akan bertambah parah dengan cepat sehingga menjadi sakit tidak tertahankan dan harus segera mendapatkan pertolongan medis. Bisa dengan membawa pasien berobat atau memberikan obat asam urat.

4.     Bengkak, Rasa Panas, Serta Kulit Kemerahan

Terjadinya pembengkakan pada bagian persendian juga seringkali terjadi yang dimulai dengan warna kulit yang menjadi kemerahan pada bagian yang sakit. Rasa nyeri juga disertai dengan rasa panas di sekitar sendi sebelum terjadinya bengkak.

5.     Kulit Tampak Bersisik, Terkelupas, dan Gatal

Setelah gejala mereda, bengkak mengempis dan rasa sakit berangsur hilang, biasanya penderita akan mengalami gejala lanjutan yaitu kulit pada bagian yang nyeri sebelumnya akan mengalami perubahan. Mulai dari kulit tampak bersisik, terkelupas, dan terasa gatal.

 

Pada dasarnya, gejala asam urat memang bisa mereda dengan sendirinya. Akan tetapi, apabila dibiarkan akan semakin parah dan risiko kambuh dengan gejala lebih parah akan meningkat. Oleh sebab itu, untuk mencegah risiko sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan. Apabila Anda ingin info kesehatan lainnya dan berbagai tips menjaga kebugaran serta diet dapat berkunjung ke laman Orami.co.id.