Jangan Panik, Lakukan Cara Meredakan Nyeri Haid Sederhana Ini Saat Menstruasi!

Menstruasi merupakan salah satu hal yang umum dialami oleh wanita setiap bulannya. Namun tidak sedikit perempuan yang merasakan kesakitan saat kondisi itu datang. Gejala yang muncul seperti nyeri, kram atau bahkan sakit pada bagian pinggang. Dalam dunia medis hal itu dikenal dengan istilah dismenore, jadi umum terjadi di kebanyakan wanita. Meskipun tidak semua orang mengalami hal tersebut namun tidak ada salahnya Anda paham seperti apa cara meredakan nyeri haid agar tidak panik. Karena terkadang rasa sakit yang berlebihan saat haid membuat wanita lebih mudah emosi dan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Kram perut yang sering dialami oleh wanita saat menstruasi sendiri terjadi karena adanya perubahan hormon. Dimana selama periode tersebut kontraksi dinding rahim terjadi lebih kuat dari pada biasanya, hal itu terjadi agar lapisan rahim bisa mengalirkan darah saat menstruasi berlangsung. Hal itu sering sekali membuat perempuan merasa kesakitan dan tidak tertahan, bahkan hal itu bisa membuat bagian punggung juga mengalami kesakitan. Bagi Anda yang sering merasakan hal tersebut tidak perlu untuk panik, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk meredakan kram perut yang dirasakan.

Berikut ini ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu:

 

1.Banyak konsumsi air.

Cara yang pertama sangat umum dimana harus sedia air untuk menghindari dehidrasi. Apalagi jika Anda tambahkan dengan perasan lemon akan memberikan rasa dan dapat menggugah selera. Hal itu dipercaya pula untuk mengurangi kram yang bisa terjadi pada Anda saat menstruasi berlangsung.

 

2.Pilih makanan yang sesuai.

Ketika periode menstruasi agar kram yang terjadi tidak berlebihan pastikan memilih jenis makanan yang mengandung lemak rendah dan kaya serat. Seperti sayur hijauan, biji-bijian, kacang-kacangan dan lainnya.

 

3.Kompres dengan air hangat.

Lalu cara meredakan nyeri haid selanjutnya dengan mengompres menggunakan air hangat, gunakan handuk dan botol yang berisikan air panas. Sensasi hangat akan membuat Anda lebih rileks.

 

4.Melakukan pijat rileksasi.

Lakukan pijatan lembut pada area perut bawah dengan gerakan memutar secara pelan, bisa juga menggunakan jenis minyak esensial yang membuat Anda terasa lebih rileks. Dengan begitu kram akan sedikit berkurang dan tidak mengganggu aktivitas Anda setia harinya.

 

5.Aktif bergerak.

Terkadang orang yang sedang menstruasi dan kram pasti akan merasa enggan melakukan hal apapun. Bahkan kegiatan bisa terganggu karena kondisi tersebut, tetapi untuk mengurangi rasa nyeri ternyata lebih disarankan untuk aktif bergerak. Apalagi jika Anda tetap melakukan olahraga, pilih jenis olahraga ringan saja untuk memperbaiki suasana hati, pikiran dan mengurangi rasa sakit.

Untuk melengkapi beberapa cara menghilangkan rasa kram saat menstruasi diatas, Anda bisa memilih untuk mengkonsumsi obat. Dimana saat ini banyak sekali jenis obat pereda nyeri saat haid yang bisa Anda temukan dipasaran. Namun jangan sembarangan. Tetap pastikan Anda memilih yang tepat dan aman supaya tidak mengalami efek samping yang membahayakan. Baca dosis dan aturan pakainya, bila memang sakit berlanjut bisa langsung periksakan saja ke dokter.

Herbana merupakan salah satu perusahaan farmasi yang mengeluarkan berbagai produk obat alami berkhasiat sebagai pereda berbagai masalah kesehatan. Nah, memilih produk Herbana juga salah satu cara meredakan nyeri haid yang tepat. Dimana produk yang dimiliki sudah jelas aman dan berkhasiat baik. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk Herbana, bisa langsung cek di website ataupun toko online.