Jasa Bongkar Pasang AC Jakarta Tunjukkan Prosedur Bongkar AC

Media 0
Jasa Bongkar Pasang AC Jakarta Tunjukkan Prosedur Bongkar AC

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta tentunya kamu tidak asing dengan yang namanya jasa bongkar pasang AC Jakarta. Jasa tersebut dibutuhkan baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun untuk berbagai perkantoran dan tempat umum yang ada di Jakarta.

Kali ini jasa bongkar pasang AC Jakarta akan menunjukkan pada kamu bagaimana sih bongkar pasang AC yang tepat dan tidak sampai freonnya hilang? Prosedur yang nanti kita bahas bisa kamu lakukan untuk berbagai merek AC, sehingga AC yang ada di rumahmu juga bisa bongkar pasang dengan prosedur berikut.

Prosedur atau Langkah Bongkar AC Mudah

Lakukan pump down

Langkah pump down perlu dilakukan saat bongkar AC tetapi tidak mau kehilangan gas freonnya. Dimana pump down bisa digunakan untuk membuat gas Freon yang terletak di sistem perpipaan AC kembali entah itu yang ada pada evaporator indoor dan juga pipa yang berfungsi sebagai penghubung pipa indoor ke outdoor. Ini perlu dilakukan guna saat pipa dilepas ke outdoor gas freon tidak bisa keluar.

Untuk melakukannya kamu perlu menghidupkan AC hingga kompresor yang ada pada outdoor berjalan. Yang mana tandanya adalah memutarnya fan atau kipas yang ada di luar atau outdoor. Kemudian katub dircharge yang mana merupakan pipa bertekanan tinggi harus kamu tutup menggunakan kunci L. Pastikan katub tersebut tertutup dan gas tidak bisa keluar. Ini perlu kamu lakukan agar gas yang terdorong oleh kompresor bisa berhenti dan tidak berlanjut ke evaporator indoor. Langkah selanjutnya adalah menunggu hingga bunga es muncul dan hilang kembali, kemudian lanjutkan menutup pipa tekanan rendah atau pipa yang besar (hisap suction) hingga tertutup rapat kamu bisa bisa gunakan kunci L. Jika sudah kamu bisa mematikan AC tersebut.

Kabel dari MCB perlu dilepas

Jika proses pump down selesai selanjutnya kamu perlu melepaskan kabel daya yang berasal dari MCB. Tujuannya agar saat kamu melakukan pembongkaran tidak ada listrik yang mengalir dan kamu aman dari sengatan listrik.

Kabel yang menyambung pada power dan pipa AC di sisi outdoor juga perlu dilepas

Kabel yang terletak pada terminal outdoor juga harus kita pastikan terlepas. Kemudian jika sudah lanjutkan melepas pipa yang mempunyai tekanan rendah maupun tinggi yang ada pada sistem outdoor.

Bongkar outdoor dan breket

Saat membongkar bagian sistem outdoor alangkah baiknya tidak dilakukan satu orang agar pekerjaan yang kamu lakukan berjalan lebih mudah. Kamu bisa memulai pekerjaan dengan membongkar bagian outdoor terlebih dahulu dan melanjutkan ke bagian indoor. Semakin besar daya AC yang kamu bongkar atau pasang maka perkerjaan bongkar outdoor dan breket  akan semakin berat.

Bongkar outdoor dan breket

Setelah kamu membongkar sistem yang ada pada outdoor, lanjutkan dengan melepaskan penghubung pipa yang ada antara indoor dan outdoor. Ini akan memudahkan pekerjaan kamu selanjutnya karena pipa ini panjang sehingga akan menyulitkan kamu untuk melakukan pekerjaan pelepasan sistem indoor. Jika sudah kamu lanjutkan dengan pelepasan breket yang ada di indoor.

Nah itulah prosedur yang harus kamu tempuh ketika akan bongkar AC. Ini berlaku untuk berbagai macam merek AC tanpa terkecuali. Lakukan semua prosedur dengan tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja ya agar kamu bisa bekerja dengan aman. Jika kamu masih belum terlalu memahami bagaimana cara bongkar AC kamu bisa melengkapi pengetahuanmu dengan mencari video tutorialnya. Atau kamu bisa juga dengan menghubungi jasa bongkar pasang AC Jakarta yang sudah mempunyai kredibilitas kerja tingkat tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *