Manfaat Bawang Merah Untuk Perawatan Rambut

Media 0
Manfaat Bawang Merah Untuk Perawatan Rambut

 

Masalah rambut bukanlah hal sepele sehingga muncullah beragam produk yang dibuat untuk memberikan perawatan rambut. Namun, tak semuanya membuah hasil yang bagus. Inilah yang membuat kebanyakan orang lebih memilih perawatan alami dengan memanfaatkan bahan dapur, bawang merah misalnya. Ya, ada banyak manfaat bawang merah untuk perawatan rambut. Lalu, apa sajakah manfaatnya? Langsung saja simak pemaparan manfaat bawang merah  berikut!

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Perawatan Rambut

Perawatan rambut rontok

Salah satu khasiat bawang merah yakni memberikan perawatan pada rambut rontok. Faktanya, bawang mengandung banyak sulfur. Kandungan inilah yang dapat memperkuat rambut dan juga membuat sirkulasi darah meningkat. Untuk melakukan perawatan ini, anda dapat membentuknya menjadi ramuan. Caranya yakni dengan mengolahnya menjadi jus dulu. Jus berbahan bawang merah ini nantinya akan dioleskan ke kulit kepala. Namun sebelum itu, anda bisa memijat kepala sekitar 30 menit dengan minyak kelapa hangat. Setelah memijat dan mengoleskan ramuan, rambut harus ditutup menggunakan kain hangat agar rambut dapat beruap.

Penumbuhan rambut

Dengan melakukan langkah pertama secara rutin dan tentunya tepat, sirkulasi darah akan cepat meningkat. Inilah yang akan menimbulkan adanya hair regrowth. Sekali lagi sulfur dalam bawang merah ikut andil dalam hal ini. Tak hanya mengatasi permasalahan rambut rontok, bawangnmerah ini dapat memginduksi tumbuhnya rambut baru. Lalu, bagaimanakah cara mwmbuatnya? Caranya tak hasrus rumit. Anda cukup mencampurkan coconut oil dengan jus bawang. Nha, campuran bawang tersebut akan membantu anda untuk memijat kepala. Diamkan saja sekitar 40 menit lalu bilaslah dengan air plus sampo.

Mencegah tumbuhnya uban

Setiap orang pasti ingin sekali menghindari masalah umum ini. Ya, tumbuhnya uban seolah menjadi momok tersendiri bagi si empunya rambut. Suatu kabar yanģ menyenangkan bahwa bahan dapur berwarna merah ini dbisa menjadi solusi tepat untuk oermasalahan ini. Sebenarnya, sudah banyak yang pernah memperaktekkannya sehingga khasiat bawang merah benar-benar terasa. Uban rambut perlahan menghilang secara alami.

Bawang merah sebenarnya mengandung senyawa antioksidan yang umumnya dikenal dengan “katalase”. Senyawa ini akan mengurangi jumlah hidrogen peroksida yang terdapat dalam akar rambut. Inilah yang membuat kebanyakan orang percaya pbahwa bawang merah dapat mencegah tumbuhnya uban.

Melembapkan rambut

Anda tentunya tidak suka kalau keadaan rambut rapuh dan juga kering. Ternyata, bawang merah bisa melembapkan rambut dengan kondisi semacam itu. Ada beberapa senyawa yangbterkandung dalam bawang merah yang mana dipercaya dapat mengatasi permasalahan rambut yang kering ataupun rusak. Contohnya, flavonoid, seperti quercetin dan kaempferol. Sifat dari senyawa ini yakni vasodilatasi (memperlebar pembuluh darah), antioksidan, dan antiradang. Semua itu dapat membantu untuk meningkatkan adanya aliran darah menunu kulit kepala.

Mengatasi ketombe

Siapa yang PD kalau rambut ketombean? Pasti tidak PD, kan? Ya, ketombe yang mampir di rambut akan membuat anda tidak percaya diri. Kira-kira apa yang menyebabkan ketombe itu muncul? Tentunya, ada beberapa penyebab misalnya akibat tidak cocok dengan suatu produk, akibat kotoran atau debu, atau adanya minyak yang berlebihan di area kepala. Tenang saja, bawang merah bisa menjadi solusi yang tepat. Vitamin C dan juga sulvur yang terdapat didalamnya mampu mengusir ketombe dan ini terbukti cukup ampuh.

Menenangkan kulit

Yang dimaksud disini kulit kepala. Saat kepala sangat kering dan juga gatal, bawang merah bisa mengatasinya. Bawang merah bersifat anti-inflamasi. Sifat ini ternyata bisa mwmbuat kulit kepala terasa adem dan tenang saat gatal melanda. Anda bisa saja mengekstrak bahan alami lainnya untuk dikombinasikan dengan bawang merah.

Wah, ternyata manfaat bawang merah itu banyak juga ya untuk perawatan rambut. So, ayo manfaatkan bawang merah sebaik mungkin selain untuk urusan perdapuran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *