Manfaat Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT Dalam Kehidupan

Mengimani serta mempercayai kitab-kitab Allah SWT merupakan bagian dari rukun iman yang ke-3. Pada dasarnya, meyakini rukun yang ketiga ini membuat seseorang percaya bahwa Allah SWT mempunyai kitab-kitab yang diturunkan sebagai wahyu kepada para Nabi dan Rasul-Nya.

Dalam kitab suci tersebut tak hanya menjelaskan seputar kegiatan ibadah saja, melainkan juga mencakup seluruh aspek kehidupan di dunia. Maka dari itu, sudah menjadi keharusan bagi umat manusia untuk meyakini kitab-kitab Allah SWT.

Allah SWT telah menurunkan 4 jenis kitab yang diwahyukan melalui malaikat Jibril untuk diberikan pada Nabi-nabi yang telah diutus-Nya seperti berikut:

  1. Kitab Zabur – Nabi Daud As
  2. Kitab Taurat – Nabi Musa As
  3. Kitab Injil – Nabi Isa As
  4. Kitab Al Quran – Nabi Muhammad SAW

Peran Kitab Suci Sebagai Petunjuk Bagi Umat Manusia

Semua kitab yang diturunkan oleh Allah SWT kepada manusia melalui para utusan-Nya bertujuan agar dijadikan petunjuk bahwa kehidupan manusia di alam dunia hanyalah bersifat sementara, karena kehidupan yang kekal abadi itu adalah akhirat.

Itu sebabnya, mengapa Allah SWT menganugerahi manusia dengan akal, hati Nurani, dan nafsu. Hal tersebut dimaksudkan agar manusia mampu menjadi seorang khalifah di dunia seperti tujuan yang diciptakan-Nya.

Berkenaan dengan perihal tersebut, umat mausia akan diberi petunjuk serta pedoman tentang bagaimana cara mereka dalam menjalani kehidupannya dengan baik di dunia. Allah SWT telah mmberikan pedoman yang berisikan hal-hal baik, perintah-Nya, hingga larangan-Nya.

Pedoman serta aturan tersebut tidak serta merta dimaksudkan untuk mengekang umat manusia, namun justru sebaliknya agar umat manusia mendapatkan kebahagiaan yang hakiki. Adapun mengenai kesempurnaan kebahagiaan yang dimaksud, yakni manusia yang bisa merasakan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

Manfaat Beriman Kepada Kitab-kitab Allah

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa Allah SWT menurunkan kitab-kitab-Nya ke muka bumi dengan cara diwahyukan melalui malaikat Jibril untuk diberikan kepada para Nabi dan Rasul.

Tentu saja hal tersebut bisa memberikan manfaat maupun hikmah bagi kehidupan manusia dan seluruh makhluk ciptaan Allah di alam semesta.

Jika beriman, maka seseorang harus berusaha untuk mengambil hikmah dan manfaat dari kitab-kitab Allah tanpa meragukannya sedikit pun. Nah, berikut di bawah ini ada beragam hikmah dari mengimani kitab-kitab Allah dalam kehidupan di dunia:

  • Untuk memberikan petunjuk kepada manusia tentang mana hal yang baik dan salah
  • Menjadi pedoman agar umat manusia tidak berselisih dalam menentukan kebenaran
  • Mengabarkan berita seputar sejarah kehidupan manusia terdahulu, sehingga hal tersebut bisa dijadikan pelajaran hidup yang berharga bagi manusia di era sekarang
  • Umat manusia menjadi tahu betapa besarnya cinta dan kasih sayang Allah SWT kepada hamba-hamba dan seluruh makhluk ciptaan-Nya
  • Manusia yang beriman akan senantiasa mampu merasakan serta mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk, sebab di dalam kitab-kitab Allah telah dijelaskan perihal perintah-Nya dan larangan-Nya
  • Membuat manusia akan selalu mensyukuri atas semua anugerah dan nikmat yang telah Allah SWT berikan, termasuk petunjuk yang benar berupa kitab-kitab-Nya
  • Bisa membuat hati seseorang menjadi lebih tenteram serta menambah wawasan
  • Dapat meningkatkan sikap toleransi, karena kitab-kitab Allah telah menjelaskan tentang sikap saling tolong menolong sesama manusia
  • Meningkatkan sikap sabar Ketika seseorang ditimpa dengan berbagai macam cobaan maupun musibah.