Mau Tahu Lebih Lengkap Soal KPR BTN Syariah? Yuk Simak!

Media 0
KPR BTN Syariah

KPR BTN Syariah Memiliki Skema yang Disesuaikan dengan Syariah Islam

Sistem perbankan syariah mengacu pada pelaksanaan berdasarkan hokum Islam. Dimana sistem ini terbentuk dengan adanya pelarangan dalam pemberian pinjaman yang berbunga atau yang dalam hokum islam dikenal dengan istilah riba. Bank Syariah, termasuk Bank BTN Syariah dalam keseharian operasionalnya mengikuti ketentuan-ketentuan yang ditetapkan agama Islam atau Syariah Islam. Bank Syariah, khususnya dalam layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjalankan fungsi yang sama dengan bank konvensional. Namun KPR Syariah memiliki skema yang berbeda di dalam kegiatannya. Tentunya, KPR Syariah memiliki keunggulan seperti yang dimiliki KPR BTN Syariah.

Keunggulan BTN Syariah yang bisa Anda dapatkan, yakni berpedoman kepada prinsip Syariah. Dimana dana yang diperuntukkan untuk usaha tersalurkan secara halal, kemudian dilakukan berdasarkan akad, laba berdasarkan sistem bagi hasil, dan angsuran yang harus anda lunasi nominalnya tetap hingga akhir pembayaran, serta tentunya harus terjalin kerja sama mitra usaha yang solid. Untuk layanan KPR yang dimiliki BTN Syariah terdiri dari beberapa jenis, mulai dari pembiayaan KPR, pembiayaan bangun rumah, dan pembiayaan properti baru atau memerlukan pembiayaan ulang (refinancing). Mau tahu lebih lengkap seputar KPR BTN Syariah, yuk kita bahas lebih detailnya pada penjelasan di bawah ini.

Jenis Pembiayaan Sesuai Kebutuhan

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, jika BTN Syariah menawarkan berbagai jenis pembiayaan, di antara lain KPR BTN Platinum IB, KPR BTN Indent IB dan KPR BTN Bersubsidi IB. Kita bahas yuk pertama, ada KPR BTN Platinum IB. Hadir sebagai solusi kepemlikan rumah, ruko dan apartment sebagai rumah pertama, kedua atau bahkan hingga ketiga kalinya lho. Mempunyai keunggulan pada prosesnya yang cepat, kemudian uang awal yang tidak besar, lalu anda juga tidak diberatkan dengan angsuran karena nominalnya selalu tetap sesuai ketentuan yang ditetapkan saat akad atau istilahnya Murabahah yang berarti akad jual beli yang mana mempunyai berbagai macam manfaat yang bisa dirasakan semua penggunanya. Tak hanya itu, keunggulan jenis KPR Syariah ini juga dilindungi asuransi jiwa dan kebakaran, margin kompetitif, nilai pembiayaan bebas dan jangka waktu sampai dengan 20 tahun.

 

Kedua, KPR BTN Indent IB merupakan fasilitas pembiayaan rumah, ruko, rukan, rusun atau apartement berdasarkan pesanan melalui akad “Istishna” (jual beli berdasarkan pesanan). Adapun keunggulan yang bisa didapatkan sama seperti KPR BTN Platinum IB, yaitu proses mudah dan cepat, angsuran tetap sampai lunas, margin kompetitif, nilai pembiayaan bebas, dilindungi asuransi jiwa dan kebakaran, serta jangka waktu hingga 20 tahun. Khusus KPR BTN Indent IB, nasabah belum diwajibkan membayar angsuran selama masa pembangunan.

 

Nah yang ketiga ada jenis KPR yang bersubsidi dari IB yang mana memang program ini dicanangkan untuk mensejahterahkan rakyat yang mempunyai penghasilan minim, selain itu KPR jenis ini jufa sudah bekerja sama dengan Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Dengan akad “Murabahah” (jual beli), KPR BTN Bersubsidi IB memiliki beberapa keunggulan, seperti angsuran ringan dan tetap sampai dengan lunas, bebas PPN, jaringan kerjasama yang luas dengan developer di seluruh Indonesia, perlindungan asuransi jiwa dan asuransi kebakaran, jangka waktu sampai dengan 20 tahun, serta subsidi bantuan uang muka sebesar empat juta rupiah khusus rumah tapak.

Simak Beragam Ketentuan Beserta Syarat yang Diberlakukan

Sebelum mengajukan pembiayaan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Masing-masing jenis pembiayaan di atas memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Untuk KPR BTN Platinum IB dan KPR BTN Indent IB, syarat dan ketentuan, yaitu Warga Negara Indonesia (WNI) yang mana usianya paling tidak 21 tahun, ataupun sudah menikah, dan saat angsuran berjalan hingga selesai usia anda dan pasangan tidak lebih dari 65 tahun, kemudian minimum masa kerja/usaha satu tahun, tidak memiliki pembiayaan bermasalah (IDI BI Clear) dan memiliki NPWP atau SPT Psl 21.

 

Sedangkan KPR BTN Bersubsidi IB memiliki syarat dan ketentuan tak jauh berbeda dengan dua jenis pembiayaan sebelumnya. Pembedanya, seperti memiliki e-KTP, penghasilan pokok kurang dari 4 juta per bulan untuk rumah tapak dan kurang dari 7 juta untuk rusun, pemohon atau pasangan (suami/istri) tidak memiliki rumah dan belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah, menyampaikan NPWP dan SPT Tahunan PPh orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku, serta mengikuti ketentuan kredit perumahan subsidi sesuai ketetapan pemerintah, yaitu hunian yang diajukan tak lebih dari 200 juta rupiah.

Data Pribadi yang Penting Untuk Dipenuhi

Untuk ketiga pembiayaan ini, Anda perlu menyiapkan beberapa dokumen lengkap yang dibutuhkan. Persyaratan dokumen dikelompokkan BTN Syariah menjadi karyawan, wiraswasta dan profesional. Ketiga profesi ini wajib menyediakan formulir pengajuan, fotokopi KTP/kartu identitas, fotokopi kartu keluarga, fotokopi surat nikah/cerai, rekening koran 3 bulan terakhir dan fotokopi NPWP/SPT 21 atau SPT Tahunan PPh orang pribadi (khusus KPR BTN Bersubsidi IB). Untuk dokumen tambahan, menyertakan fotokopi SK Pegawai dan fotokopi slip gaji (pegawai), menyertakan surat keterangan penghasilan, laporan keuangan 3 bulan terakhir dan fotokopi Ijin Usaha, SIUP, TDP, APP (wirausaha), serta menyertakan surat keterangan penghasilan dan fotokopi ijin praktek (profesional).

 

KPR BTN Syariah terkenal dengan kemudahan dan prosesnya yang cepat. Siapkan dokumen lengkap seperti yang sudah disebutkan di atas. Kemudian data yang sudah kamu penuhi akan diverifikasi oleh pihak Bank dan selanjutnya jika pengajuan anda berhasil disetujui sebaiknya anda segera menyiapkan dana yang cukup di tabungan BTN IB. steelah itu anda sebagai pemohon akan melalui proses akad terkait berbagai pembiayaan hingga terjadinya proses pencairan dana yang anda ajukan. Ingin pengajuan kredit tanpa perlu datang ke cabang Bank BTN dan hanya 10 menit saja? Langsung ajukan di website BTN Properti atau www.btnproperti.co.id, atau aplikasi BTN Properti Mobile yang bisa diunduh langsung di Play Store dan Apps Store.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *