Tahukah kamu dalam membeli asuransi mobil kamu akan mendapatkan polis? Polis merupakan bukti perjanjian tertulis antara nasabah dan pihak asuransi. Dimana didalamnya terdapa cakupan asuransi, berbagai ketentuan, dan syarat yang berlaku untuk produk asuransi.

Polis asuransi mobil sangat penting untuk proses pengajuan klaim nantinya, karena di dalamnya juga ada nomor polis dari pihak asuransi. Dengan adanya nomor polis barulah proses klaim bisa kamu lakukan.

Nah selain sebagai bukti tertulis kepemilikian asuransi, berikut ini adalah beberapa fungsi polis asuransi mobil yang harus kamu kenali.

Fungsi Polis Asuransi Mobil Berdasarkan Pihak yang Terlibat

Pihak yang terlibat dalam sebuah perjanjian asuransi adalah nasabah atau pihak tertanggung dengan pihak asuransi (penanggung). Dimana bagi kedua pihak ini polis mempunyai fungsi masing-masing, berikut penjelasannya:

Bagi Pihak Tertanggung (Nasabah)

 

  1. Adanya polis asuransi kamu akan menemukan syarat dan ketentuan penanggungan dari asuransi mobil yang kamu pilih. Sehingga polis ini nantinya akan menjadi alat bukti atas jaminan pihak asuransi. Artinya bukti ini yang akan kamu tunjukkan pada pihak asuransi saat ada risiko yang kamu alami.
  2. Sebagai bukti pembayaran premi yang harus kamu berikan ke pihak asuransi.
  3. Apabila pihak asuransi lalai atau ternyata tidak memenuhi jaminan yang menjadi tanggungan mereka, polis ini bisa menjadi bukti kuat jika harus menuntut mereka.

 

Bagi Pihak Asuransi (Penanggung)

  1. Untuk pihak asuransi, polis bisa menjadi barang bukti atau tanda terima dari premi asuransi yang kamu bayarkan.
  2. Sebagai bukti tertulis yang diberikan oleh pihak asuransi, yang mana nantinya bisa diterima kembali saat nasabah ingin meminta ganti rugi atas kerusakan atau kerugian yang dialami.
  3. Polis juga bisa sebagai untuk untuk penolakan klaim yang diajukan nasabah, apabila ternyata seba kerugian tidak masuk dalam jaminan pertanggungan yang ada pada polis asuransi mobil.

Nah di dalam polis sendiri kamu akan menemukan beberapa informasi dasar. Diantaranya data pemegang atau pemilik polis, jenis produk asuransi yang kamu pilih, informasi mobil yang kamu asuransikan, kesepakatan harga dan pembayaran premi. Selain itu juga berbagai pertanggungan atau jaminan yang akan kamu dapatkan, penentuan nilai ganti rugi, berbagai pengecualian, perluasan tanggungan yang kamu inginkan, dan sebagainya.

Kesimpulan

Polis asuransi mobil sangat penting bagi pihak tertanggung atau nasabah dan pihak asuransi. Dengan bukti tertulis tersebut, pengajuan klaim bisa diproses. Sehingga kamu jika kamu punya asuransi mobil, sebaiknya simpan polis secara aman agar tidak hilang.

Namun bila kamu belum memiliki polis asuransi mobil dan ingin rekomendasi. Maka cobalah asuransi mobil dari Igloo, Igloo adalah penyedia asuransi yang bisa menjawab kebutuhan perlindungan akan mobilmu dengan berbagai jaminan pertanggungan yang mereka tawarkan. Yuk segera beli dan dapatkan penawaran menarik serta Diskon hingga 25%.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *