Mengenal Parotitis, Gangguan Kesehatan yang Harus Diwaspadai!

Apakah Anda pernah mendengar istilah parotitis sebelumnya? Ya, bisa diartikan bahwa parotitis merupakan peradangan yang terjadi pada bagian kelenjar liur. Di Indonesia sendiri, parotitis lebih sering dipahami dengan istilah gondong.

Nah, gangguan kesehatan ini biasanya ditandai dengan adanya pembengkakan pada bagian pipi, terutama di sekitar ragang. Tidak hanya itu, bagian pipi pun nantinya juga akan terasa hangat.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait parotitis yang perlu Anda ketahui. Tentu, pengetahuan yang baik nantinya akan memudahkan Anda untuk melakukan upaya pencegahan yang tepat.

Gejala Munculnya Parotitis

Gangguan kesehatan parotitis umumnya akan muncul disertai dengan beberapa gejala. Para pakar mengatakan bahwa parotitis kerap disebabkan oleh paparan virus dan akan muncul sekitar 14-25 hari setelah paparan tersebut berlangsung.

Meskipun hanya berupa gejala yang ringan, ada beberapa gejala yang bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi tersebut merupakan parotitis. Beberapa tanda tersebut diantaranya adalah:

  • Adanya pembengkakan kelenjar yang dibarengi dengan rasa nyeri yang cukup menyakitkan karena infeksi bakteri
  • Penderita yang mengalami kelelahan cukup luar biasa dan disertai dengan demam
  • Kuit yang kemerahan dan juga bengkak terutama pada bagian kelenjar parotid
  • Badan yang sering menggigil
  • Dan lainnya

Gejala parotitis yang muncul tersebut umumnya akan bertahan dan menghilang sendiri dalam waktu 4 hingga 8 hari. Hanya saja, para medis mengatakan bahwa gejala tersebut harus ditangani dengan tepat agar tidak menjalar. Selain itu, gejala parotitis yang semakin kompleks menandakan serangan atau kondisi penderita yang semakin memburuk.

Komplikasi Parotitis yang Menjadi Ancaman

Memang, parotitis bisa disembuhkan dengan baik ketika penderita mendapatkan perawatan yang tepat dan cepat. Namun, jika kondisi parotitis tidak segera ditangani, maka ada risiko komplikasi yang akan terjadi.

Adapun beberapa komplikasi yang bisa terjadi dikarenakan parotitis adalah sebagai berikut:

  • Radang otak

Infeksi virus yang menjadi sebab munculnya parotitis bisa menyebabkan peradangan pada otak ketika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Kondisi ini tentu akan memunculkan beberapa gejala yang patut diperhatikan seperti demam tinggi yang bertahan lama, leher yang kaku, kejang, dan lainnya.

Gejala radang otak tersebut umumnya akan muncul di pekan pertama setelah kelenjar air liur mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh parotitis tersebut. Kondisi ini jelas sangat membahayakan pasien.

  • Pancreatitis

Komplikasi lain yang bisa terjadi karena parotitis yang tidak segera ditangani adalah pancreatitis. Kondisi ini terjadi di mana infeksi virus yang melanda akan menyebabkan peradangan pada pankreas. Gangguan ini umumnya ditandai dengan rasa sakit pada perut bagian atas yang begitu menyakitkan dan juga disertai dengan mual.

Beberapa komplikasi yang mengancam merupakan tanda bahwa parotitis bukan gangguan tubuh yang bisa dianggap sepele. Oleh karenanya, perkaya informasi dengan membaca beragam artikel kesehatan lain untuk mengetahui parotitis dengan lengkap.