3 Langkah Menghilangkan Ketombe dengan Cepat

Bagi banyak orang, menghilangkan ketombe bukanlah hal yang mudah. Sudah mencoba gonta-ganti shampo dan produk perawatan , tapi belum juga terlihat hasilnya. Masalah ketombe ini memang terlihat sepele, namun faktanya ketombe juga bisa menimbulkan rasa yang tidak nyaman bahkan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Disadari atau tidak, keberadaan ketombe yang cukup parah bisa membuat penampilan rambut menjadi lebih buruk. Seringnya rambut akan menjadi cepat lepek, bau dan juga muncul bercak putih di pakaian. Hal ini tentu sangat mengganggu, apalagi untuk para wanita. Nah, untuk Anda yang sedang berusaha menghilangkan ketombe, coba cara-cara berikut ini.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Tahukan Anda bahwa ternyata ada berbagai bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Bahan-bahan alami ini juga cukup mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau.

1.      Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kemampuan untuk membuat kulit kepala menjadi lebih lembab, sehingga dapat membantu mengatasi masalah ketombe akibat keringnya kulit kepala. Minyak kelapa juga dapat membantu mengatasi masalah eksim pada kulit kepala, sehingga dapat membantu mencegah timbulnya ketombe.

Tak hanya itu saja, minyak kelapa memiliki kandungan anti mikroba yang berfungsi untuk membunuh jamur penyebab infeksi.  Cara penggunaan minyak kelapa cukup mudah. Oleskan minyak pada kulit kepala, lalu pijat secara perlahan. Biarkan minyak kelapa meresap kurang lebih 1 jam, lalu bilas dengan shampo.

 

2.      Cuka Apel

Menghilangkan ketombe yang membandel menggunakan bahan alami juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan cuka apel. Bahan ini memiliki sifat asam yang dapat membantu merangsang pelepasan sel kulit yang mati, membuat pH kulit kepala lebih seimbang dan membantu mengurangi pertumbuhan jamur di kepala.

Cara menggunakan cuka apel cukup simpel. Cukup campur dengan shampo lalu gunakan di rambut dan kulit kepala Anda lalu bilas sampai benar-benar bersih.

Cara menghilangkan ketombe yang membandel

3.      Minyak Zaitun

Jika Anda mengalami masalah ketombe dan kulit kepala yang sangat gatal, cobalah untuk memanfaatkan minyak zaitun yang ada di rumah. Minyak zaitun bisa dioleskan ke seluruh permukaan kulit kepala dan mendiamkannya selama kurang lebih 1 jam. Anda juga bisa sambil menyisir rambut saat mengoleskan minyak zaitun.

Cara menghilangkan ketombe yang membandel

4.      Soda Kue

Kandungan zat eksfolian yang ada di dalam soda kue rupanya memiliki manfaat untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel. Zat ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati serta minyak berlebih di kulit kepala. Selain itu, zat anti jamur juga bisa ditemukan di dalam soda kue ini.

Cara membuat masker rambut dengan soda kue yaitu pertama basahi dulu rambut Anda. Setelah itu, ratakan sekitar 2 hingga 3 sendok makan soda kue pada rambut Anda. Tunggu hingga 2 menit lalu bilas hingga benar-benar bersih.

Harap diperhatikan, soda kue ini sifatnya membuang minyak, sehingga sebaiknya tidak digunakan terlalu lama. Sebab nantinya soda kue akan mengikis minyak alami di kulit kelapa.

5.      Lidah Buaya

Di dalam setangkai lidah buaya terdapat kandungan antijamur dan anti bakteri sekaligus. Kedua bahan ini sangat bagus untuk mengatasi masalah ketombe., jadi tak ada salahnya Anda coba menggunakan bahan ini untuk masker alami rambut.

Cara menggunakan lidah buaya cukup mudah. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang dijual di toko, atau bisa juga dengan lidah buaya segar yang dipetik dari pot. Setelah menggunakan masker lidah buaya, jangan lupa untuk membersihkan kembali rambut anda dengan shampo hingga bersih.

Cara menghilangkan ketombe yang membandel

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Gaya Hidup

Selain menggunakan berbagai bahan alami untuk masker rambut, Anda juga bisa mencoba mengatasi masalah ketombe dengan mengubah beberapa gaya hidup. Seperti misalnya:

1.      Perbaiki Cara Membersihkan Rambut

Kadang banyak orang mengira bahwa mencuci rambut sesering mungkin bisa mencegah timbulnya ketombe. Padahal hal ini belum tentu benar. Seberapa sering Anda harus mencuci rambut juga tergantung pada kondisi rambut dan kulit kepala.

Misalnya saja, orang dengan kulit kepala kering tentu tidak dianjurkan mencuci rambut terlalu sering. Sebaliknya, orang dengan kulit kepala yang berminyak dianjurkan untuk lebih rutin dan sering mencuci rambut.

2.      Konsumsi Makanan Kaya Probiotik

Untuk membantu menghilangkan ketombe, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan probiotik. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya probiotik selama 56 hari secara konsisten dapat mengurangi ketombe yang parah.

Adapun beberapa makanan yang mengandung probiotik diantaranya kimchi, yogurt, dan kombucha.

3.      Kelola Stress dengan Lebih Bijak

Kondisi tubuh yang stress rupanya memang membawa dampak yang cukup banyak bagi kesehatan, salah satunya menurunkan sistem kekebalan tubuh. Semakin melemahnya sistem kekebalan atau sistem imun, maka semakin menurun juga kemampuan tubuh untuk melawan bakteri penyebab infeksi, termasuk infeksi di kulit kepala.

Guna membantu penyembuhan ketombe agar menjadi lebih cepat, sebaiknya cobalah untuk mengelola stress Anda dengan lebih baik. Anda bisa melakukan relaksasi dengan yoga, pilates, atau olahraga lainnya.

Cara Menghilangkan Ketombe dengan Produk Perawatan Rambut

Cara menghilangkan ketombe yang membandel

Cara menghilangkan ketombe yang membandel tentu membutuhkan beberapa langkah, tidak bisa jika hanya mengandalkan gaya hidup dan perawatan bahan alami. Jika pun bisa maka tentu akan memakan waktu yang cukup lama. Untuk itu, Anda mungkin juga membutuhkan perawatan dengan produk-produk perawatan yang lain.

  1. Olamine dan DR. Olamine Medicated Shampoo merupakan salah satu produk shampo yang dapat membantu mengatasi masalah ketombe yang membandel. Kedua produk ini mengandung bahan aktif seperti aloe vera, piroctone olamine dan climbazole yang mampu membantu memusnahkan ketombe sekaligus mencegahnya kembali lagi ke kulit kepala Anda.
  2. Olamine dan DR. Olamine Medicated Shampoo juga dilengkapi dengan kandungan pro vitamin B5 yang sangat baik untuk memicu pertumbuhan rambut baru. Kelebihan lain dari produk ini adalah dapat membantu mencegah rambut menjadi lebih cepat lepek, membuat rambut menjadi lebih halus, serta sudah dilengkapi dengan anti jamur dan juga anti bakteri.

Itu dia beberapa langkah cara menghilangkan ketombe dengan cepat serta cara menyelesaikan masalah Ketombe dan Dermatitis Seboroik, tentunya Anda Juga Harus telaten dan sabar saat melakukan perawatan agar hasilnya juga maksimal.