Mengintip Fungsi dan Fitur Mixer Audio yang Wajib Anda Tahu

Media 0
Mengintip Fungsi dan Fitur Mixer Audio yang Wajib Anda Tahu

Dalam menghasilkan musik yang berkualitas dan berharmonisasi indah, maka dibutuhkan beberapa perangkat. Salah satu perangkat elektronik yang berperan penting yaitu mixer audio. Perangkat yang bisa Anda dapatkan dari tempat jual mixer audio ini bisamencampur suara untuk kebutuhan bermusik, baik rekaman maupun live-sound. Lantas apa saja fungsi dan fitur yang tersedia lainnya? Simak ulasan berikut.

Fungsi Utama Perangkat Pencampur Suara yang Wajib Anda Tahu

Fungsi utama perangkat audio mixer yaitu sebagai pencampur suara dan memadukan berbagai suara. Perangkat ini mampu mencampur beberapa sumber menjadi satu kesatuan atau dua output suara. Hal tersebut akan menghasilkan kualitas audio yang lebih baik untuk didengar dan memiliki harmonisasi suara lebih sesuai dengan keinginan pengguna .

Pencampur suara bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan bermusik. Beberapa di antaranya meliputi, keperluan live show performance On Air atau Off Air, dan pertunjukan bermusik lainnya. Tidak hanya itu saja, perangkat yang satu ini juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan lainnya, seperti rekaman, televisi, radio, dan pasca produksi pembuatan film.

Fitur Umum yang Terdapat Pada Perangkat Audio Mixer

Fitur pertama yang harus anda tahu yaitu equalizer atau yang biasa disingkat dengan sebutan EQ. Pada bagian ini dapat memiliki fungsi sebagai pengatur karakter atau tone suara yang dimodifikasikan. Umumnya, pengguna mixer audio akan melakukan perubahan suara untuk mengatasi masalah frekuensi atau dengung pada musik.

Selain itu, pada fitur ini juga berperan dalam mengubah vokal atau instrumen menjadi suara yang lebih berkualitas dari pada karakter suara aslinya. Untuk mendapatkan hasil suara tersebut, pengaturannya berupa Low dan High. Kemudian ada juga fitur penambahan atau pengurangan yang sering dikenal dengan sebutan boost / cut.

Tidak berhenti sampai di situ saja, masih ada pengaturan yang tersedia pada perangkat ini. Fitur tersebut adalah Gain yang terdapat pada atas setiap channel mixer. Fungsinya tidak lain untuk menentukan seberapa sensitif masukan yang diinginkan pengguna. Hal ini bisa berupa signal line seperti keyboard, tape deck, dan sinyal mic.

Pada umumnya, Gain ini digunakan sebagai level sinyal terbaik untuk menentukan audio yang ada. Level pada Gain dibagi menjadi tiga warna yaitu hijau, kuning, dan merah. Level tersebut akan menghadap horizontal maupun vertikal tergantung pada merek jenis dan merek yang digunakan. Agar mendapatkan hasil terbaik signal mixer audio harus sampai pada titik warna kuning dan di bawah titik merah.

Itulah fungsi utama yang bisa anda dapatkan dari audio mixer. Selain dapat mencampur beberapa sumber suara menjadi satu, perangkat ini juga bisa mengatasi masalah frekuensi dan dengung pada musik. Sehingga hasil suara yang diproses akan lebih baik dan berkualitas. Untuk mendapatkan produk yang tepat, anda bisa mendapatkannya di Goshen Swara Indonesia. Semogabermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *