Pengertian Pompa Vakum Dan Kegunaannya

Media 0
pompa vakum

Bekerja dalam bidang industri memerlukan pengetahuan yang baik tentang mesin-mesin yang digunakan. Hal tersebut dapat menjadi nilai tambah dalam meningkatkan kinerja saat bekerja, mengetahui mesin yang digunakan serta cara merawat mesin pompa vakum yang baik. Anda perlu mengenal mesin-mesin yang banyak digunakan oleh industri seperti pompa vakum.

Apakah Itu Pompa Vakum?

Pompa vakum pertama kali dibuat oleh Guericke pada tahun 1645, pompa vakum adalah alat yang bekerja dengan cara mengeluarkan molekul-molekul gas dari ruangan tertutup sehingga menghasilkan tekanan pada vakum.

Pompa vakum adalah salah satu mesin dengan jenis sistem yang bekerja dengan cara mengurangi tekanan untuk menghilangkan kelebihan udara. Pompa vakum juga biasa digunakan untuk mengurangi kelebihan reaktansi pada produk-produk yang tidak diperlukan. Dalam dunia industri pembangunan, penggunaan pompa vakum diklasifikasi dalam beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-Jenis Pompa Vakum

Mesin pompa vakum saat ini banyak digunakan oleh beberapa industri besar seperti industri pemurnian oli, pabrik alat kesehatan, pabrik lampu, hingga salah satu vacuum coating pada kaca. Anda bisa mengetahui harga vacuum pump setelah mengetahui jenis pompa vakum. Pompa vakum dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan prinsip kerjanya sebagai berikut:

1. Positive displacement

Positive displacement atau pemindahan positif adalah pompa vakum yang menggunakan cara mekanis dalam mengekspansi massa secara terus menerus. Kemudian mengalirkan gas dari pompa menuju ruang sealing volume yang pada akhirnya membuang gas ke atmosfer.

Jenis pompa vakum ini memungkinkan adanya pengurangan atau penurunan tekanan secara parsial. Kelebihan dari jenis ini adalah mencegah gas untuk dapat masuk dan melakukan ekspansi pada volume udara dalam ruangan. Contoh pompa vakum jenis ini antara lain Piston Pump, Screw Pump, Scroll Pump, dan Liquid Ring Pump

2. Momentum Transfer

Jenis pompa vakum yang kedua adalah momentum transfer, yaitu pompa vakum yang menggunakan sistem jet fluida berkecepatan tinggi. Pompa vakum jenis ini juga dapat menggunakan sudut putar yang memiliki kecepatan tinggi untuk menghisap gas pada ruang tertutup.

Pompa vakum jenis ini diperlukan untuk kebutuhan dengan intensitas yang tinggi, sehingga memberikan tekanan tinggi yang diperlukan. Akselerasi pada molekul gas dapat diatur sehingga menghasilkan tekanan yang maksimal untuk proses perpindahan gas dari ruangan bertekanan rendah menuju ke ruangan dengan tekanan yang tinggi.

Semakin tinggi tekanan pada ruangan yang digunakan maka semakin efisien pula kerja pompa vakum jenis ini. Contoh dari pompa vakum jenis ini adalah pompa turbo molecular atau pompa difusi.

3. Entrapment

Jenis ketiga dari pompa vakum adalah entrapment, yaitu pompa vakum yang menggunakan zat padat atau zat absorber tertentu. Zat tersebut digunakan untuk mengikat gas yang berada di dalam ruang tertutup. Pompa jenis ini menerapkan prinsip-prinsip dasar fisika dan juga kimia dalam cara kerjanya. Tekanan vakum akan dihasilkan dengan cara mengikat gas yang terdapat di dalam ruangan tertutup.

Anda dapat menemukan jenis pompa entrapment pada pompa cryopump, yaitu sebuah pompa yang menggunakan daya ikat pada permukaan yang dingin. Ketika gas bereaksi di dalam ruangan tertutup menghasilkan reaksi kimia tertentu sehingga pompa vakum jenis ini bekerja secara baik.

Sebelum Anda menentukan pilihan pada pompa vakum yang hendak Anda pilih, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kebutuhan Anda. Selain pompa vakum, Anda juga dapat menggunakan Becker pump untuk mengolah udara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *