Peran Aplikasi BIM Dalam Mempercepat Infrastruktur

Media 0
Archicad

Banyak yang mengandalkan aplikasi BIM dalam mempercepat infrastruktur. BIM ini menjadi aplikasi yang canggih dan sudah banyak digunakan oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. BIM ini merupakan akronim dan saat ini sedang hype terutama dalam dunia konstruksi yang ada di Indonesia.

 

Sudahkah Anda tahu tentang BIM ini? BIM merupakan software sekaligus 3D Virtual models dari bangunan. Jika Anda mengkajinya lebih jauh maka BIM ini dimulai dengan teknologi 3D bangunan. Model yang dibuat tidak sekedar geometri namun juga memiliki tekstur bagus terutama di dalam visualisasi.

 

Perbedaan CAD dan juga BIM

Jika membahas tentang infrastruktur maupun arsitektur banyak yang kemudian mengaitkannya dengan CAD. Banyak yang menganggap bahwa CAD ini berbeda dengan BIM. Model CAD ini diwakili dengan desain garis ke garis dan bisa membentuk sebuah gambar. Untuk BIM ini fokusnya pada parameter untuk bisa merancang model 3D yang lengkap.

 

Archicad
Peran Aplikasi BIM Dalam Mempercepat Infrastruktur

 

Dalam mengubah desain misalnya elevasi ketinggian plafon bisa dilakukan dengan mudah menggunakan BIM. Anda akan jauh menghemat waktu karena kesalahan desain ini bisa mudah direvisi. Untuk infrastruktur BIM ini menjadi software yang tepat karena memiliki kelebihan seperti mindset terbuka, mampu berkomunikasi dengan cara digital. BIM ini juga mampu bekerja dengan otomatis, pemrosesan digital dan bisa bekerja lebih cepat. BIM ini terintegrasi dengan lebih menyeluruh.

 

Industri nantinya akan banyak berganti atau bergerak dengan mengandalkan 2D simbolik dokumentasi. Hal ini juga bisa dilakukan oleh BIM.  Anda bisa mengadopsi desain dengan menggunakan konteks model 3D, komputer satu ini menawarkan keuntungan tambahan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan CAD konvensional.

Metode BIM untuk Percepatan Infrastruktur

Aplikasi BIM dalam mempercepat infrastruktur ini tidak perlu diragukan lagi. efektivitasnya Untuk pembangunan infrastruktur dilakukan work collaboration dimana menggunakan drone untuk pembuatan peta 3 dimensi, selain itu bisa juga menyimpan data as built drawing dan juga membuat neraca aset.

 

Archicad
Peran Aplikasi BIM Dalam Mempercepat Infrastruktur

 

Kementerian PUPR ini juga memiliki potensi untuk bisa meluaskan penerapan BIM. Menurut menteri BIM ini sangat tepat untuk  membangun infrastruktur karena menjadi metode yang mampu mengintegrasikan model virtual dan juga tekniknya. Selain itu juga menyimulasikan semua informasi pada semua proyek pembangunan ke dalam 3 dimensi.

 

Dalam metode BIM ini informasi bangunan akan bisa diolah tidak sebatas pada perancangan saja. Namun BIM ini juga bisa mengolah informasi selama dan setelah proses konstruksi itu dilakukan. Menteri PUPR ini melakukan banyak adopsi pemanfaatan BIM untuk membangun infrastruktur yang ada di tanah air.

Metode BIM Berbeda dengan yang Konvensional

Yang membuat BIM dipercaya untuk bisa mempercepat infrastruktur adalah metode yang diusung ini berbeda dengan yang konvensional. BIM ini lebih menekan pada konsep di awal sehingga tidak memakan banyak waktu.  Dengan pelaksanaan di lapangan implementasi BIM bisa digunakan untuk mengurangi keterlambatan, biaya dan juga memiliki kelebihan material yang bisa terbuang sia-sia.

 

Ada beberapa tantangan besar dalam dunia konstruksi seperti material terbuang, anggaran yang berlebihan, keterlambatan pada proyek dan juga adanya pengulangan pekerjaan dan juga ketidakproduktifan dalam situs kerja.

Archicad Software BIM Terbaik untuk Infrastruktur

Keuntungan menggunakan BIM ini bisa dilihat dari proyek apapun yang ditangani. Namun yang paling berpengaruh pada proyek di besar dimana Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari deteksi bentrokan, pelacakan biaya, penjadwalan dan juga sebagainya.

 

Archicad
Peran Aplikasi BIM Dalam Mempercepat Infrastruktur

 

Dari beberapa software BIM, Archicad ini menjadi salah satu software yang terbaik.  Archicad ini merupakan perangkat lunak BIM 3D dengan desain dan juga model sebagai tujuan yang utama. Yang mengembangkan software ini adalah Graphisoft dimana bisa bekerja dengan sistem desktop MS Windows dan juga Mac.

 

Archicad menjadi aplikasi yang sangat populer terutama dalam proyek perencanaan kota. Software ini juga banyak digunakan untuk perancangan dan arsitektur. Dengan Archicad ini Anda akan berhasil meningkatkan semua alur kerja. Semua fitur Archicad dirancang supaya bisa berguna untuk berbagai tujuan desain dalam bagian estetika dan juga tekniknya.

 

Archicad
Peran Aplikasi BIM Dalam Mempercepat Infrastruktur

 

Archicad menjadi implementasi BIM pertama, software satu ini bisa bekerja dengan 3D dan 2D. Berbagai fungsi visualisasi pada BIM membuat Archicad bisa digunakan pada perusahaan konstruksi maupun arsitektur. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Archicad ini menjadi salah satu perangkat lunak yang ramah dan  banyak diminati di pasaran.

Fitur Terbaik Archicad

Archicad merupakan aplikasi BIM dalam mempercepat infrastruktur karena memiliki fitur yang dimiliki oleh software satu ini bisa terus berkembang mengikuti kebutuhan. Di 2020 Archicad terbaru memiliki alur Façade Design, selain itu juga menyediakan lingkungan desain yang lebih fleksibel.

 

Archicad
Peran Aplikasi BIM Dalam Mempercepat Infrastruktur

 

Fungsi dari Façade Desain ini digunakan untuk fasad eksternal atau internal, kemudian bisa membuat pola hierarkis yang mana bisa disesuaikan. Fitur lainnya yang disematkan adalah editor profil, Anda bisa menemukan fitur ini pada versi terbaru. Dengan fitur ini bisa memudahkan Anda untuk membentuk profil cerdas khusus kolom, balok maupun dinding. Anda juga bisa mengontrol bentuk dan ukuran penampang yang ada di dalam BIM.

 

Dengan adanya Archicad ini mudah bagi Anda arsitektur untuk bisa mendesain infrastruktur di dalam bentuk digital ini. Anda bisa menuangkan ide atau imajinasi secara nyata dengan Archicad ini. Dengan tools desainer yang powerful bisa membuat Anda mudah untuk membuat struktur dalam bentuk 3D dengan mudah dan efek luar biasa.

 

Banyak sekali peran aplikasi BIM dalam mempercepat infrastruktur, Anda bisa menggunakan Archicad BIM untuk menyelesaikan pekerjaan Anda, untuk tau lebih detail mengenai software BIM Archicad, bisa mengakses ke https://www.piranusa.com/archicad/ atau bisa menghubungi Piranusa.com di nomor whatsapp 0811-1085-850 sebagai Distributor Archicad Indonesia serta perwakilan dari Graphisoft di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *