Perhatikan 4 Tips Berikut Untuk Menjaga Fungsi Panel Surya Tetap Optimal

Media 0
fungsi panel surya

Panel surya dapat bekerja dengan optimal mengubah energy cahaya matahari menjadi listrik apabila dirawat dengan baik. Perawatan paling sederhana yang bisa anda lakukan adalah membersihkannya secara teratur. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut 4 tips yang dapat dilakukan untuk menjaga fungsi panel surya tetap optimal.

 

Tips Merawat Panel Surya Dengan Baik dan Benar

1.Menjaga Panel Tetap Bersih

Hal terpenting untuk menjaga panel surya agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik adalah menjaganya tetap bersih. Udara yang berpolusi dapat membuat perangkat tersebut mudah kotor karena debu yang mudah menempel. Anda juga harus membersihkannya dari kotoran binatang yang mungkin menempel, misalnya burung.

Pembersihan ini tergantung dengan seberapa mudah kotornya panel tersebut. Apabila kondisi lingkungan sekitar banyak sekali debu halus, maka anda bisa membersihkannya seminggu sekali. Namun jika udaranya bersih maka pembersihkan hanya perlu dilakukan satu kali sebulan. Untuk mengetahuinya, anda bisa mengeceknya setiap saat.

 

2.Menggunakan Air Biasa Untuk Membersihkan

Tips kedua yang perlu anda perhatikan adalah membersihkan panel surya dengan menggunakan air dengan suhu yang normal. Artinya anda tidak perlu menggunakan air panas meskipun debu yang menempel lebih mudah hilang. Suhu air yang terlalu tinggi malah akan mengganggu kinerja dan fungsi panel surya.

Anda hanya perlu menggunakan air biasa untuk membilas panel. Gunakan juga lap yang lembut agar tidak menggores permukaan panel. Namun jika noda bisa hilang hanya dengan dibilas maka tidak perlu anda usap. Langkah ini jauh lebih aman karena bisa saja anda tidak sengaja menekannya terlalu keras sehingga panel menjadi rusak.

 

3.Tidak Menggunakan Sabun

Anda juga tidak perlu menggunakan sabun atau cairan berbahan dasar kimia yang lain. Meskipun tujuannya untuk mengangkat debu, namun zat yang terkandung di dalamnya bisa meninggalkan bekas pada permukaan panel. Jika hal tersebut terjadi, maka akan semakin sulit bagi anda untuk menghilangkannya. Jika dipaksa takutnya permukaan panel semakin memburuk.

Apabila noda sangat membandel, anda bisa menggunakan sikat yang lembut atau kanebo. Cara ini lebih aman dibandingkan emnggunakan sabun. Akan tetapi perlu diingat bahwa anda tidak boleh menggosoknya terlalu kuat. Hal tersebut penting untuk diperhatikan karena panel yang tergores memiliki efektivitas yang tidak sebaik kondisi awalnya.

 

4.Menyeka Panel Surya Saat Masih Basah

Agar fungsi panel surya tetap terjaga, anda juga tidak boleh membiarkan air sisa pembilasan mengering dengan sendirinya. Gunakanlah kain penyeka yang bersih dan lembut. Apabila air mengering dengan sendirinya, biasanya akan meninggalkan noda di permukaan panel. Hal tersebut akan membuat panel semakin kotor.

 

Penutup

Dari beberapa tips yang telah disebutkan tadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa membersihkan panel surya perlu kehati hatian. Akan sangat disayangkan jika bagian luar panel tergores. Apabila hal tersebut terjadi, maka panel tidak dapat berfungsi dengan optimal. Hal tersebut akan mempengaruhi proses konversi listrik yang dilakukannya.

Untuk mendapatkan produk panel surya terbaik, Anda bisa menggunakan produk dari developer ternama yakni SUN Energy. Klik disini untuk informasi lebih lanjut : SUN ENERGY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *