Sama-sama Kamera Pengawas, CCTV atau IP Camera yang Cocok?

Media 0

Kebutuhan akan kamera pengawas di kalangan masyarakat semakin menjamur. Baik digunakan untuk kebutuhan pribadi maupun tempat-tempat umum. Untuk mengoptimalkan perlindungan dan keamanan pada lingkungan, pemilihan Kamera Pengawas yang tepat tidak boleh pula dilakukan dengan sembarangan. Kamera Pengawas umumnya menjadi pilihan yang memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Namun, masih banyak yang kurang mengetahui bahwa Kamera Pengawas yang sedang populer, yakni teknologi IP Camera CCTV, tak kalah kemampuannya dibandingkan dengan CCTV analog yang lebih umum dipasaran. Ada beberapa keunggulan dari IP Camera CCTV yang harus kamu ketahui sebelum membeli Kamera Pengawas impianmu. Berikut hal-hal yang kamu harus tahu untuk menentukan Kamera Pengawasan sesuai kebutuhanmu.

Penggunaan Kamera CCTV

Kamera CCTV analog atau Closed-Circuit Television analog adalah alat pengawas yang diletakkan pada tempat tertentu dengan mengandalkan sinyal analog. Sinyal ini yang kemudian ditransmisikan dari video ke perangkat penerima (receiver). Sistem CCTV pada umumnya memerlukan beberapa komponen yaitu kamera, Digital Video Recorder, dan Monitor.

Adapun ciri-ciri umum dari Kamera CCTV analog yaitu:

  • Lokasi untuk pengawasan hanya terbatas pada satu lokasi
  • Memiliki kualitas resolusi yang rendah dan penggunaan sinyal seperti siaran televisi
  • Dalam hal pengiriman dan penyimpanan data melalui kabel coax atau Unshielded Twisted Pair (UTP)
  • Umumnya perekaman video dilakukan pada DVR

Penggunaan IP Camera

Internet Protocol Camera atau ramai disebut IP Camera pada dasarnya adalah kamera untuk merekam video secara digital kemudian rekaman yang telah didapat dikirimkan lewat jaringan. Penggunaan IP Camera sendiri bukanlah sesuatu yang baru, namun sudah digunakan pertama kali pada tahun 1996. Seiringnya berjalan waktu banyak perubahan pada fitur dan manfaat pada IP Camera ini. Seperti namanya, dalam penggunaan IP Camera memang harus melalui jaringan baik lokal atau menggunakan internet untuk mengirim dan menerima hasil datanya.

Adapun ciri-ciri umum yang dimiliki oleh IP Camera adalah:

  • Video yang disiarkan adalah sinyal digital
  • Penyimpanan tidak selalu pada satu lokasi
  • Resolusi yang diberikan lumayan tinggi dengan night vision +1080p hingga 4K
  • Pengiriman video yang mudah melalui jaringan internet

Perbedaan Kamera analog dan IP Camera

Mungkin dalam segi teknologi memang tidak terlalu jauh antara Kamera analog dan IP Camera. Namun, bila dilihat lebih, terdapat beberapa perbedaan yang perlu dipertimbangkan dalam memiliki kamera pengawas saat ini. Berikut beberapa perbedaannya

Secara biaya mungkin kamera analog akan terlihat lebih murah, namun bila lokasi penempatan Kamera CCTV cukup banyak maka kabel yang dibutuhkan juga akan lebih memakan biaya. Sedangkan IP Camera lebih sedikit kabel bahkan tanpa embel-embel kabel (wifi).

Penggunaan bandwidth pada Kamera CCTV lebih rendah karena DVR yang digunakan lebih mudah dipasang. Hal ini dikarenakan transmisi video disampaikan menggunakan kabel coaxial dan DVR, bukan LAN. Sebenarnya baik IP Camera dan analog dapat mengirimkan umpan dari kamera keamanan yang terhubung dengan lokasi tertentu dan sinyalnya tidak dapat didistribusikan ke penerima luar.

Dalam perekaman dan pengiriman video pada IP Camera, dilakukan secara digital memakai perekam video jaringan atau NVR dan bukan DVR seperti pada analog camera.

IP Camera sangat fleksibel bila penggunanya ingin menghubungkan kamera tambahan, aplikasi penyimpanan, atau sistem lain daripada kamera analog.

Pada IP Camera pengambilan dan pengiriman video yang tertangkap bisa diakses secara langsung melalui internet dengan aplikasi bawaan produsen, sedang kan analog camera harus menggunakan decoder.

Tentunya dengan spesifikasi dari IP Camera kualitas gambar yang diberikan oleh IP Camera jelas akan membantu melihat objek lebih jelas dan dilengkapi dengan night vision.

Ketentuan akan kamera pengawas tergantung dengan kebutuhan kamu tentunya. Jika kamu ingin perangkat dengan resolusi yang baik, IP Camera sangat cocok untukmu. Namun, juga tak masalah jika kamu memilih untuk menggunakan analog camera.

Produk IP Camera

Setelah mengetahui perbedaan antara kamera analog dan IP Camera, tak heran jika kamu tertarik pada IP Camera sebagai pilihanmu. Perlu kamu ketahui ada banyak contoh untuk IP Camera ini salah satunya adalah produk-produk dari Hikvision.

Hikvision adalah perusahaan kamera pengawas yang banyak memiliki serangkaian produk yang inovatif. Produk-produk yang dikeluarkan juga memiliki beragam fitur canggih yang tidak kalah saing dengan produk lain.

IP Camera DS-2CC52D9T-AITZE

IP Camera CCTV dengan jenis ini memiliki beberapa fitur yang tidak kalah canggih. Kamera ini sudah dilengkapi dengan 2 MP yang juga dapat menangkap objek dengan baik di keadaan gelap dan kemampuan dalam menangkap gambar dalam cahaya sangat redup hingga 0,003 lux. Teknologi 3D DNR menghasilkan gambar yang bersih dan tajam. Kamera ini juga dapat memberikan output ganda (output sinyal HDTVI dan CVBS secara bersamaan), dan fitur tambahan lainnya.

IP Camera Hikvision DS-2CD1121-I

Kamera ini juga tidak kalah kerennya. Kemampuan yang dimiliki diantaranya dapat memberikan warna yang dibutuhkan baik siang dan malam seperti kebutuhan untuk warna hitam dan putih serta spektrum warna lainnya. Kamera ini juga dapat digunakan untuk keperluan outdoor maupun indoor.

Tentunya, sebelum memilih Anda perlu paham Kamera CCTV dan IP Camera memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kebingungan pun dapat terjadi bila Anda tidak memiliki referensi yang jelas dan terpercaya. Namun jangan khawatir, Anda dapat mengunjungi website melihat produk-produk Hikvision di https://www.hikvision.com/id. Mulai dari Kamera CCTV, IP Camera, Kamera CCTV wireless dapat Anda temukan. Ini bisa Anda jadikan referensi. Selamat mencari Kamera Pengawas idaman Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *