Menilik perjalanan politik Anies Baswedan memang menyenangkan. Dari mulai dikenalnya Beliau sebagai Mendikbud kabinet Jokowi sebelum reshuffle hingga menjadi pemimpin yang sukses membangun Jakarta.

Buktinya sudah ada di depan mata, bahkan masyarakat yang tidak tinggal di Jakarta bisa turut serta merasakan dampak kesuksesan kepemimpinan Anies. Dari 2016 kita tahu Anies sudah mengemban amanat memimpin Jakarta hingga berakhir pada 16 Oktober 2022 kemarin.

Dengan majunya Anies sebagai Calon Presiden 2024 mendatang, prestasi keberhasilannya membangun Jakarta mulai menjadi sorotan. Bukan lagi hanya warga Jakarta, tetapi menjadi perhatian seluruh masyarakat di Indonesia.

Daftar Kesuksesan Anies yang Membuatnya Sangat Bersyukur Memimpin Jakarta

Dicopotnya jabatan Anies Baswedan sebagai Mendikbud kabinet Jokowi memang masih menimbulkan tanda tanya. Tetapi Anies percaya bahwasannya seorang Presiden mengeluarkannya dari kabinet tentu sudah dengan berbagai pertimbangan yang matang. Dan sudah tidak sepatutnya masih kita pertanyakan sebabnya.

Anies malah cenderung lebih bersyukur dan merasakan hikmah dari Tuhan akan peristiwa tersebut. Dengan dicopotnya ia dari kabinet, ia bisa mengemban amanat memimpin Jakarta dan merasakan kekayaan pengalaman yang luar biasa.

Anies berhasil mengurus Jakarta dari mulai persoalan anak dalam kandungan hingga masalah liang lahat. Dan perlu kamu ingat, di masa kepemimpinan Anies, Jakarta juga dilanda pandemi Covid 19. Sehingga wajar bila Anies mengatakan ia mendapatkan pengalaman yang luar biasa karena dalam kepemimpinannya terjadi krisis dari segala aspek kehidupan yang menuntut penyelesaian.

Nah berikut ini beragam kesuksesan Anies Baswedan dalam pembangunan kota Jakarta, yang mana merupakan salah satu kota terbesar di dunia:

  • Formula E

Di tahun 2022 kemarin DKI Jakarta sebagai tuan rumah Formula E berhasil menyelenggarakan ajang balap mobil listrik di sirkuit yang berlokasi di Ancol. Kesuksesan yang dibawa Anies ini mengenalkan nama baik ibu kota negara ke seluruh dunia.

Jakarta E-Prix 2022 mampu membuat mata dunia mengarah pada Indonesia khususnya Jakarta. Di ajang ini pula Anies berupaya mengenalkan kendaraan umum berbasis listrik sebagai kendaraan masa depan. Yang mana di Indonesia pengadaannya harus mengalami percepatan agar rakyat segera merasakan keadilan transportasi dan mobilisasi.

  • Jakarta International E-Prix Circuit

JIEC merupakan arena berlangsungnya Formula E, dimana perencanaan pembangunannya sudah dimulai sejak 2019 dengan panjang 2,4 kilometer dan dengan lebar 12 meter serta 18 tikungan. Keberhasilan proyek ini bisa kamu lihat dari suksesnya gelaran Formula E tahun lalu.

  • Stadion Jakarta International Stadium

JIS dibangun Anies sesuai dengan standar FIFA dan merupakan proyek besar skala dunia yang berhasil pembangunannya. Dibangun di lahan seluas 22 hektare, stadion ini mengusung konsep green building. Selain diperuntukkan untuk aktivitas olahraga, stadion ini juga menjadi sarana penyelenggara konser dunia yang menyumbang pendapatan daerah.

  • Sumur Resapan

Selama kepemimpinan Anies, Jakarta telah berhasil membangun 27.000 sumur resapan. Karya ini sangat kontroversial, karena Anies berupaya memasukkan air ke dalam tanah dalam waktu yang singkat. Pada pelaporannya proyek sumur resapan memanglah sukses, meskipun pada beberapa titik masih membutuhkan perbaikan ekstra.

  • Pembangunan Jalur Sepeda dan Trotoar

Untuk menangani krisis iklim, bisa kita lihat Anies memang betul-betul mencari solusi. Salah satunya untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan warga ia berhasil membangun jalur sepeda dan trotoarnya. Dengan begitu jalanan akan ramah pejalan kaki dan pada akhirnya emisi karbon di kota Jakarta bisa menurun.

  • Penggratisan PBB Untuk Hunian di bawah Rp 2 M

Selain pembangunan transportasi terintegrasi dan pengelolaan tata lingkungan, demi mempercepat pemulihan ekonomi di ibu kota, Anies juga meresmikan kebijakan PBB 0% untuk hunian di bawah Rp 2 M. Kebijakan ini telah dituangkan Anies dalam Pergub No 23 Tahun 2022, yang mana terkait dengan Penetapan dan Pembayaran PBB-P2 adalah sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi di tahun 2022.

Dan masih banyak lagi kebijakan dan pembangunan lain yang Anies langsungkan di Jakarta. Inilah bukti nyata bahwa pendemi tidak menghalangi Anies untuk mencetak prestasi dan membangun Jakarta lebih inovatif. Anies bersyukur dan menyatakan bahwa ini adalah bantuan dari Tuhan serta hikmah dari pencopotan jabatannya di Mendikbud kabinet Jokowi.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *