Tips Memakai Kartu Kredit Secara Aman dan Menguntungkan

Media 0
kartu kredit

Kartu kredit dapat membantu kita dalam menyelesaikan persoalan keuangan. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan di saat tidak mempunyai uang tunai. Namun, dalam penggunaannya, Anda juga harus hati-hati dan bijak.

Menggunakan kartu kredit itu seperti menggunakan pisau. Apabila berada dengan orang yang tepat, ia bisa menjadi bermanfaat dalam hidup. Tetapi jika digunakan oleh orang yang tidak cukup bijak dan hati-hati, akan menimbulkan malapetaka dan kerugian dalam hidupnya.

Cukup sering terjadi kasus di mana para nasabah terjerat hutang. Penyebabnya adalah mereka menggunakan credit card tanpa memikirkan besarnya biaya yang harus dicicil. Contoh penggunaan yang tidak disarankan seperti membeli barang yang semestinya tidak perlu. Semestinya gunakanlah untuk bertransaksi sesuai dengan kondisi keuangan Anda saat itu.

Tips Menggunakan Kartu Kredit Secara Aman

Kartu kredit menawarkan transaksi jual beli yang lebih mudah, baik online maupun offline. Meskipun demikian Anda harus menggunakannya secara bijak dan hati-hati. Alasannya, supaya di kemudian hari tagihan hutang kredit tidak terlalu besar.

Sebaiknya simak tips menggunakan credit card secara aman dan bijak berikut ini agar terhindar dari hal-hal yang merugikan keuangan Anda.

  1. Gunakan Sesuai Kebutuhan

Anda tinggal menggesek kartu ketika membeli barang di tempat belanja. Kemudahan inilah yang terkadang membuat orang-orang belanja secara berlebihan tanpa memikirkan tagihan kredit. Membeli barang yang dirasa kurang perlu sebaiknya Anda hindari ketika menggunakan alat transaksi ini.

Tahan keinginan anda untuk membeli barang yang tidak sesuai kebutuhan. Tindakan ini cukup berguna untuk menekan total tagihan dari penggunaan credit card.

  1. Bayar Tagihan di Atas Jumlah Minimum

Pada ketentuan pembayaran kredit, pihak bank atau penyedia layanan biasanya memberi fasilitas berupa cicilan tagihan dalam jumlah minimum. Jadi, Anda sebagai pengguna kartu bisa melunasi tagihan dengan cara dicicil.

Selepas tersebut memang kelihatannya meringankan Anda. Namun, membayar cicilan dengan jumlah minimum justru akan membebani anda kedepannya. Hal ini bisa terjadi karena Anda harus membayar bunga yang cukup besar sampai masa cicilan berakhir.

Ada baiknya bagi Anda untuk segera melunasi tagihan dengan jumlah di atas biaya minimum. Dengan demikian maka beban hutang kredit bisa segera lunas. Anda tidak perlu menunggu sampai batas waktu maksimal pelunasan cicilan. Karena apabila membayar tagihan dengan cicilan minimum, jumlah bunga yang terakumulasi malah semakin besar.

Agar bisa menjalankan tips ini dengan sukses maka Anda harus memperbesar jumlah anggaran untuk cicilan tagihan. Dengan begitu maka jumlah cicilan melebihi jumlah minimum yang ditetapkan dan hutang bisa segera lunas sebelum batas maksimal.

  1. Bayar Cicilan Lebih Cepat

Agar anda terbebas dari beban hutang dari kredit yang diambil, sebaiknya segera bayar cicilan sebelum tanggal jatuh tempo. Hindari untuk membayar cicilan mendekati batas waktu. Hal tersebut untuk menghindarkan Anda dari denda apabila bayar cicilan melewati tanggal tempo.

Segeralah bayar cicilan selagi mempunyai uang yang cukup. Anda bisa melakukannya ketika sudah menerima gaji. Langsung saja gunakan sebagian atau seberapa untuk membayar cicilan.

Sekarang sudah ada cara bayar cicilan kartu kredit online. Tinggal bayar melalui handphone atau laptop, kapanpun dan dimanapun. Pembayaran online ini akan memudahkan Anda agar segera melunasi cicilan sebelum jatuh tempo. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk menunda pembayaran cicilan.

Itulah beberapa tips bagaimana menggunakan kartu kredit secara aman dan tentunya bijak. Lakukan tips-tips di atas agar Anda tidak terbebani oleh hutang yang menumpuk akibat penggunaan credit card yang sembarangan.

Keuntungan Pakai Kartu Kredit Permata Shopping Card

Agar tidak terbebani hutang penggunaan credit card, selain melakukan tips di atas Anda juga sebaiknya memilih jenis kartu yang memberikan banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa keuntungan pakai Permata Shopping Card.

  1. Cepat Pengajuannya

Keuntungan pertama menggunakan Permata Shopping Card yaitu proses pengajuannya sangat mudah dan cepat. Anda bisa melakukannya melalui aplikasi Permata Mobile X.

  1. Dapat Cashback Belanja

Saat menggunakan PermataShoppingCard untuk belanja online, Anda akan mendapat cashback sebesar 5% maksimal Rp 200.000. Syaratnya Anda memiliki akumulasi transaksi online minimal 3 juta rupiah setiap bulannya.

  1. Cicilan 0%

Permata Bank menawarkan cicilan 0 persen sampai 12 bulan untuk transaksi secara online.

  1. Diskon di Merchant Online

Dengan menggunakan kartu kredit Permata Shopping Card, Anda bisa mendapatkan diskon saat melakukan transaksi di berbagai merchant online ternama.

  1. Layanan Permata Mobile X

Anda bisa melakukan pengecekan tagihan, limit tagihan, mengubah transaksi menjadi cicilan 0%, mengajukan dana dan melakukan registrasi kartu tambahan melalui layanan Permata Mobile X. Hanya dengan membuka satu aplikasi maka semua fitur dapat Anda akses.

Kartu kredit tidak bisa lepas penggunaannya di masa sekarang. Permata Shopping Card menawarkan banyak keuntungan membuat semakin banyak orang yang bertransaksi menggunakan credit card dari Permata Bank ini. Tetapi Anda tetap perlu bijak dalam menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *