Tips Membeli Pipa Air Agar Anda Tidak Mengalami Rugi

Media 0
pipa air

Seperti diketahui pipa air memiliki fungsi sebagai saluran air bersih di rumah tangga ataupun juga proyek bangunan.  Pipa jenis ini tidak hanya mempermudah anda untuk mendapatkan air bersih tapi juga memudahkan untuk pembuangan cairan kotoran pada tempatnya. Pipa saluran air tidak hanya mengalirkan air saja tapi juga gas dan udara.

Jenis pipa air ada banyak, untuk itu Anda membutuhkan ketelitian dalam pemilihannya. Simak beberapa langkah berikut untuk membantu Anda menemukan pipa saluran air yang cocok sehingga tidak merugi ketika sudah membelinya.

Langkah Menemukan Pipa Air yang Tepat dan Tidak Merugikan

1. Kenali Terlebih Dahulu Jenis Pipa

Sebaiknya ketika memiliki pipa air untuk rumah Anda pahami jenis pipa Apa yang akan digunakan. Pada umumnya ada dua jenis pipa saluran air yang digunakan sehari-hari yaitu pipa HDPE dan pipa PVC. Pipa HDPE merupakan jenis pipa dengan tekstur yang lentur dan juga sangat kuat sehingga pipa ini bisa digulung untuk meminimalkan penggunaan fitting. Pipa jenis ini umumnya punya warna hitam serta tidak mudah mengalami korosi jadi bisa digunakan hingga 50 tahun lamanya.

 

Lalu untuk pipa air PVC, sering juga disebut sebagai pipa paralon untuk saluran air bersih dan juga pembuangan. diva ini punya tekstur yang keras dan terbuat dari plastik dengan panjang minimal 4 m. Biasanya pipa pvc untuk rumahan punya ukuran 3 atau 4 inchi untuk saluran air bersih. Sementara untuk saluran air kotor punya ukuran 4,5 inchi.

2. Pahami Ukuran Pipa

Untuk ukuran pipa sendiri ada bermacam-macam sehingga Anda harus cermat dalam memilihnya. Tidak boleh sembarangan memilih ukuran karena jika salah beli tentu anda akan sia-sia membuang uang. Umumnya jika untuk saluran air bersih anda hanya membutuhkan pipa PVC 3/4 inci. Sementara untuk saluran air kotor 4,5 inci. Kuncinya adalah anda mengetahui terlebih dahulu ukuran pipa agar tak salah membeli.

3. Tentukan Jenis Pipa

Pipa untuk air dingin dan juga pipa saluran air panas tentu berbeda penggunaannya. Untuk suhu air panas maka anda harus memilih pipa yang minimal bisa tahan 65 derajat Celcius. Lalu untuk pipa saluran air panas maka membutuhkan jenis pipa PPR yang dibuat dari material dasar minyak bumi sehingga bisa tahan terhadap suhu panas dan juga tekanan tinggi.

Pipa untuk saluran air panas ini Tentu juga bisa digunakan untuk saluran air dingin. bahkan banyak juga digunakan untuk kebutuhan saluran makanan cair dan air minum yang memiliki standar food grade. Pipa jenis ini juga tidak mudah rusak dan mencemari aliran air di lingkungan.

4. Tentukan Sambungan Pipa

Ketika anda sudah menemukan pipa yang tepat, maka pahami pula sambungan pipa. Sama dengan memilih jenis pipa air, Anda juga harus melihat Berapa ukuran sambungan atau fitting pipa. Sebab jika salah ukuran fitting sambungannya tidak akan muat dan tentu anda akan mengalami kerugian. Agar hal ini tidak terjadi maka anda bisa membawa contoh pipa ke tukang pipa lalu nanti tukang yang lebih ahli akan menentukan ukuran fitting yang tepat.

 

Demikian beberapa tips dalam pemilihan pipa air yang berkualitas dan tepat. Bagi yang sedang mencari pipa saluran air berkualitas maka anda bisa memilih salah satu merek yang disarankan saat ini yaitu rucika. Pipa Rucika tidak hanya berkualitas tapi juga dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *